Slipstreaming Windows XP Service Pack 3 and Create Bootable CD

Postingan kali ini aku akan mencoba memberikan sedikit tutorial mengintergrasikan Service Pack windows ke dalam installer windows, walaupun aku tahu kalian semua sudah lebih pinter dariku, sebab menurutku apalah artinya sebuah ilmu jika kita tidak bisa membagikannya dengan orang lain,Mengintegrasikan service pack 3 windows XP kedalam installer windows atau yang biasa disebut Slipstreaming a Service Pack 3 windows (bahasa gaulnya remastering windows dengan service pack 3) ini memang sudah banyak dibahas di forum, blog, ataupun website-website, tetapi tidak ada salahnya kan jika saya memostingkannya disini, dalam mengintegrasikan SP3 ini kedalam installer windows dibutuhkan beberapa software, dan saya disini akan membahas remastering menggunakan Nlite,

ok sekian basa-basinya kita langsung saja, pertama-tama kita copykan cd win Xp installer ke dalam hardisk kita misal kita copy ke D:\XPCD jangan lupa download WindowsXP-KB936929-SP3-x86-ENU.exe dari situs microsoft lalu kita download software nlite setelah didownload saya asumsikan bahwa file XP3nya berada di d:\XP-SP2\ (nama folder terserah anda) sekarang buka Command Prompt (Start > Run > cmd) ketik perintah servicepack filename /integrate:drive/path pada contoh ini perintahnya sebagai berikut WindowsXP-KB936929-SP3-x86-ENU.exe /integrate:D:\XP-CD

Pertama file tsb akan diextract

Lalu akan mengintegrasikan kedalam file xp anda

Setelah pengintegrasian sukses akan muncul file konfirmasi, bahwa XP Service Pack 3 telah sukses diinegrasikan pada file xp anda.

Sekarang anda sudah mempunyai installer XP dengan SP3, Jika anda kebingungan mengintegrasikan SP3 secara manual kita juga bisa menggunakan nlite untuk mengintegrasikannya, selanjutnya akan kita jadikan bootable dengan menggunakan nlite, saya mwnggunakan nlite karena software selain free software ini mudah digunakan dan support bahasa indonesia tentunya.
disini saya tidak akan membahas bagaimana cara menginstal nlite, tentunya kalian semua lebih paham dari saya kan :)sekedar tambahan untuk menginstal nlite membutuhkan netframework yang bisa didownload di situs microsoft
ok langsung saja ya
1. Buka/jalankan Aplikasi nLite tersebut. Pada simulasi kali ini, saya memilih Indonesia sebagai bahasanya. Kemudian klik button Lanjut


2. Klik browse untuk mencari file mastering windowsnya, dan setelah memilih tempat mastering windowsnya disana akan terlihat nama produk, bahasa, paket layanan (service pack) versi, dan ukuran dari windows yang akan diremaster

3. Setelah itu akan keluar tampilan Preset, klik lanjut saja

4. dan akan keluar tampilan seperti dibawah ini, ada 4 bagian sub menu yang ditampilkan disini diantaranya pengintegrasian, menghapus komponen, mengatur konfigurasi setup, dan opsi membuat bootable ISO, yang pertama sub menu integrasi terdapat 3 menu pilihan paket layanan yang berfungsi untuk mengintegrasikan service pack yang sudah saya bahasa sebelumnya, yang kedua hotfix dan kemutahiran berfungsi untuk mengintegrasikan patch2 dan kemutahiran windows lainnya, dan yang terakhir driver berfungsi untuk mengintegrasikan driver-driver, saya tidak memilih sub menu ini karena paket layanan (ServicePack) sudah mengintegrasikan sebelumnya, dan saya juga tidak akan memasukkan pacth dan driver pada mastering XP ini, artinya saya memilih semua opsi, KECUALI integrasi, lalu tekan lanjut

5. Dan akan keluar tampilan seperti di bawah ini, kita bisa memilih batal saja

6. selanjutnya kita keluar tampilan seperti dibawah ini, yaitu pemilihan komponen-komponen yang akan anda hapus dari instalasi, Komponen yang akan dibuang beda-beda tiap user karena tergantung dengan kebutuhan, disini saya hanya memilih direktory untuk dibuang yang lain saya abaikanclalu lanjut

7. Setelah selesai proses pembuangan komponen kita akan berhadapan dengan opsi unattended, disini kita bisa mensetting serial number windows (agar pada proses instalasi kita tidak diminta serial lagi, regional setting, ID Jaringan dan konfigurasi2 lainnya setelah selesai pilih lanjut

8. Setelah melakukan konfigurasi unattended sesuai keinginan kita kita akan menemui opsi, disini yang saya pilih hanya SFC dimatikan karena akan mempersingkat proses instalasi

9. Dan akan bertemu dengan opsi tweak, jika anda senang mengutak-atik windows opsi tweak adalah kesenangan anda, anda bisa memilih sesuai keinginan, disini saya mengabaikan semuanya, silahkan anda pilah-pilih sendiri ok, lanjut

10. Akan keluar tampilan seperti di bawah ini. pilih saja yes untuk memulai proses

11. Proses akan berlangsung dan setelah selesai akan muncul seperti ini

12. klik lanjut kita akan menemui tampilan seperti ini

kita bisa langsung membakarnya dengan memilih pada pilihan mode
Buat citra = membuat file bootable iso
Bakar langsung = langsung membuat/membakar ke cd (bootable)
Bakar citra = membakar file iso yang telah kita buat
Sekedar tambahan untuk mengintegrasikan software-software lainnya seperti winamp, winzip, winrar, atau lainnya bisa menggunakan tool tambahan RVM integrator silahkan download filenya disini
Nah segitu dulu ya cara remastering windows pake nlite, mudah bukan, selamat merombak mastering cd anda.

23 Responses to "Slipstreaming Windows XP Service Pack 3 and Create Bootable CD"

  1. Bagus kok Mas..jangan ngerasa terlamabat soal imu yah..

    walaupun udah dibahas di t4 lain tapi gw baru tahu dari sini..dan males ke t4 lain tuh, lebih betah belajar disini aja...

    ReplyDelete
  2. @JoVie : wuih jadi mekar ni telinga, makasih ya :)

    ReplyDelete
  3. Aku malah belum sempat praktekin... Makasih ilmu dan infonya... :)

    ReplyDelete
  4. @Hellen : sama-sama mbak

    ReplyDelete
  5. Wah, ilmunya berguna banget tu...

    nanti dicoba ah.. trims ya...

    ReplyDelete
  6. kayaknya kok rumit amat ya? ataukah aku yg terlalu kur-in(kurang informasi)?

    ReplyDelete
  7. Detil banget kang... kayaknya langkah yang diberikan JELAS banget tuh... semoga aja langsung berhasil kalo mraktekinnya...

    Makasih kang, infonya keren buanget...

    ReplyDelete
  8. apa???selain manusia dilarang komentar???hiks, dah terlanjur ngirim komentar.he..he..

    ReplyDelete
  9. wah kereeeeeeeen. sayang lom bs ngerjain sekarang, dah sore lom makan siang, gara - gara keasikan surfing blog - blog. makan dulu dah baru balik test bikin sp 3 ini.

    ReplyDelete
  10. mo tau cara cpet versi gw... gw ambil lngsng hp... gw telpon.. "bro..
    XP SP 3 and Create Bootable CD gak? klo bsa keruangan gw.. gw mo makan nih.. selesaiin sebelum gw balik ya... wokke.. lo mo bungkusin apa?" he...he..... cepet kan... wekekek

    ReplyDelete
  11. @Kistina Dian Safitry : nggak juga mbak hanya butuh ketelatenan kok. berarti mbak patut dicurigai manusia apa bukan...! :)

    @a1dde & wendra wijaya : makasih gimana udah dipraktekin belum...?

    @I Ketut Riasmaja : ya kang karena tutor ini saya khususkan bagi newbie, bukan kelas expert, abis yang bikin juga newbie

    @Masenchipz : baik bos ntar tak buatin, niah segera meluncur keruangan anda

    ReplyDelete
  12. Ha.ha.ha.. berarti bisa dicoba pake DVD kan?.. biar feature nya komplit gak dikurangi..

    ReplyDelete
  13. Sebuah posting yang bernilai tinggi karena ada keichlasan dan ketulusan didalamnya untuk saling berbagi kepada semua sahabat ... memang benar kang oeoes .. Ilmu itu kalo gak diamalkan dan dibagi untuk apa kita mempelajarinya ...
    sukses selalu ...

    ReplyDelete
  14. makasih infonya ya. lengkap banget cara installnya

    ReplyDelete
  15. Hioreee cc udah pintar :P
    halah, baru juga selesai baca.. blom sempat dicoba.. btw thx bro, kali besok2 butuh :)

    ReplyDelete
  16. @I Ketut Riasmaja : bisa kang!!! nambahin kalau untuk remastering vista kapai vlite

    @abang : Makasih bang andi masukannya

    @kapanpun : iya nih takutnya banyak yang protes "bikin tutor gak bisa dipraktekin sih" hehehehe

    @uNieQ : ok mbak moga aja tutor ini gak terlalu membingungkan

    ReplyDelete
  17. seep bro, welkomen di dunia blog ramah.....

    ReplyDelete
  18. weh lengkap nie tutorialnya..wah master nih kang oeoes..hehehe..wah..wah baru tau nie ada win xp sp3..taunya sp1 sama sp2 doang..hehehe..kebanyakan ngenet jarang tau info gini..wih mantebbb..tapi bingung..hehehe..maklum newbie..hrs baca pelan-pelan..ga tau cara instalasi nie..skg baru belajar yg pake nLite..

    ReplyDelete
  19. @Blogger Addicter : salah ketik mas, mister yang betul bukan master, hehehehe. nih dia master sesungguhnya, mana ada master ngaku, takutnya ntar semua minta jadi murid, hehehehe

    ReplyDelete
  20. Met kenal bro Aku kadir
    gimana caranya pasang gambar sendiri pake nlite untuk yg muncul saat proses penginstalan nanti (biasa muncul dibbawah 39 minutes) itu.biar yg muncul nanti gambar sendiri lho.
    aku tunggu jawabannya di email saya
    kadir_kindman@yahoo.com
    Kadir
    www.kadirglobalthinking2.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. Top Markotop he..he...

    ReplyDelete
  22. hmmmm........

    kalo caranya menambahkan aplikasi2 kyk office, winrar,winamp,dan aplikasi lainya gmn caranya...

    biar kyk blackXP/black edition itu loh..

    trus aplikasi yang di butuhin apa aja tuk menambahkan aplikasi2nya

    ReplyDelete
  23. nah ini...yang aku cari2...makasih mas!

    ReplyDelete