Nov 11, 2008

Membuat Akses Internet Murah dengan RT/RW Net

Tuesday, November 11, 2008 Oleh dennis sistiawan ·
Labels:
Konsep RT/RW net ini diperkenalkan oleh pakar internet Indonesia yg cukup diakui kiprahnya di dunia internasional, yaitu DR. Onno W Purbo yang biasa disebut Kang Onno. Visi Jaringan RT/RW Net adalah memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mendapatkan akses Internet yang mudah dan murah dengan cara swadaya. Secara teknologi RT/RW-net sangat mirip dengan WARNET. Secara kasat mata, WARNET menyambungkan sekumpulan komputer dalam sebuah ruangan/bangunan untuk di sewakan. RT/RW-net menyambungkan sekumpulan komputer yang tersebar dalam sebuah linkungan RT atau RW. RT/RW net sendiri ada dua macam yaitu menggunakan kabel (wired) dan tanpa kabel (wireless). Artikel ini akan membahas cara membuat RT/RW net tanpa menggunakan kabel (Wireless)

Teknologi wireless yang digunakan pada RT/RW net ini adalah teknologi WiFi atau wireless fidelity yg bekerja pada gelombang 2,4MHz. Bandwidth internet dari server/hotspot disalurkan dengan menggunakan gelombang wifi ke tetangga-tetangga. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menggalang tetangga untuk ikut membangun RT-RW-Net, dengan tujuan untuk ikut bergotong royong menanggung biaya. Langkah kedua adalah menentukan penyedia koneksi Internet atau ISP. Pilihan paling masuk akal saat ini adalah menggunakan Speedy milik PT Telkom, karena jaringannya relatif merata tersebar ke seluruh kota di Indonesia.

Langkah berikutnya adalah mempersiapkan peralatan untuk akses point hotspot. semisal komputer dan Antena hotspot. baik antena sektoral maupun antena omni . Untuk keperluan antena ini saya menyarankan untuk memakai produksi antarlangit, karena terbukti produk mereka berkualitas sangat bagus, sinyal wifi yg dibroadcast (dipancarkan) sangat kuat. Untuk antenna Hotspot bisa diakses laptop hingga jarak 700 meter lebih. Sedangkan untuk aplikasi akses point bisa diakses klien hingga jarak 6 km lebih. Build quality dari produk antarlangit ini sangat baik, tidak kalah dengan produk impor yang berharga jauh lebih mahal. mereka juga sanggup untuk mengirim produk-produk mereka ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri, sehingga sangat memudahkan kita, anda bisa mengecek harga dan detail produk di website antarlangit, http://antarlangit.com

Yang harus dipersiapkan berikutnya berikutnya adalah alat untuk nembak hotspot sebagai penerima sinyal di rumah2 tetangga. untuk alat ini saya juga merekomendasikan produk antarlangit, yaitu USB Adapter 25dBm + 5dBi Antenna. produk berinterface USB ini memiliki power hingga 25dBm (500mW) ditambah dengan antena 5dBi setara dengan 1000mW sehingga signal hotspot yang diterima akan semakin kuat. sama halnya dengan antena, alat penerima sinyal buatan anak negri ini berkualitas baik, tidak kalah dengan buatan luar negeri yang sudah ada di pasaran terlebih dahulu.

Langkah berikunya adalah instalasi. Proses instalasi ini bisa dilakukan dengan mudah, Semua produk yang dibeli dari antarlangit dilengkapi denga buku petunjuk penggunaan. bila merasa kesulitan, Teknisi Support mereka akan selalu siap membantu. Selamat mencoba


Artikel yang Berhubungan: