wisata kuliner situbondo : ikan laut bakar asap jangkar



Ikan Bakar asap khas jangkar asembagus situbondo, adalah salah satu dari tiga tempat favoritku jika sedang terdampar/tugas kantor di asembagus, selain Istana lele dan sate burung dara, untuk kedua witasa kuliner ini akan saya bahas nanti jika sudah bertandang kembali kesana, sekalian tak abadikan fotonya...!!!hehehe

Entah tadi sore pas keberapa kalinya saya merasakan ikan bakar asap tersebut, yang membuat saya tertarik dari cara membakar ikannya, pemilik warung ini menggunakan tungku tradisional berupa tumpukan bata-bata, pembakarannya menggunakan sabut kelapa dan penyangganya pun masih menggunakan pelepah kelapa, sangat tradisional sekali, tetapi ternyata warung yang terletak tepat disamping pintu masuk Departemen Perhubungan Pelabuhan Penyebrangan Jangkar ini cukup dikenal wisatawan-wisatawan domestik, khususnya penggila wisata kuliner dan ikan bakar.





Hasil bakaran ikannya pun sangat lezat dikarenakan membakarnya memanfaatkan asap pembakaran dari kulit kelapa, gak ada sedikitpun api pada proses pembakaran ikan itu, jikapun apinya mulai keluar, pemilik dengan segera akan menyiram api tersebut. ini yang membuat ikan bakarnya tersa beda dengan ikan bakar ditempat-tempat lain, walau pembakaran ikan tersbut tanpa bumbu, ikan hanya dibersihkan, disayat-sayat dan dibuang bagian dalamnya.

Untuk para pembaca yang berkunjung ke situbondo khususnya ke asembagus atau jangkar kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung dan merasakan ikan bakar asap khas jangkar ini. udah dulu ya, jadi ngiler lagi nih pengen ikan bakar asap tersebut.