kampanye do follow dan trik merubah no follow menjadi do follow

Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu do follow,backlink, ataupun backtrack, jika anda ingin mengetahui secara detail apa itu do follow atau no follow atau bertanya apa sih do follow saya sarankan anda semua untuk membaca artikel dari gus, hakimtea, blogger addicter, jangan disini. jahat ya!!! bukannya gitu, aku juga nyadur dari mereka semua kok. oh ya tak lupa juga si blog kang firdaus. Sebab di blog yang saya tunjukkan sudah dijelaskan secara detail, gamblang dan saya kira mudah dimengerti dan juga menggunakan bahasa tercinta kita ini bahasa indonesia bukan bahasa melayu, inggris, madura, ataupun jawa apalagi bahasa planet. disini saya hanya menjelaskan bagaimana cara merubah atau trik merubah blogger/blogspot menjadi dofollow, alasan saya membuat artikel ini dikarenakan banyak dari pembaca yang sekalian yang masih bertanya bagaimana cara merubah do follow itu sendiri, padahal artikel mereka semua saya kira cukup jelas. alasan kedua adalah untuk mendukung kampanye do follow itu sendiri.

Saya sangat terkesan dengan postingan gus do follow itu seksi dan 6 argumentasinya. inilah salah satu argumentasi yang membuat saya bersemangat untuk mereviewnya :
3. Do follow menjargonkan niat baik blogger untuk memberikan souvenir tanda persahabatan kepada visitor.Di titik argumentasi ini, saya setuju. Kehangatan hubungan ini yang harus terus dikampanyekan. Dan Do follow menstimulasikan kampanye tersebut dengan baik. itu point ketiga dari 6 argumen tentang do follow, utnuk lebih jelasnya silahkan baca sendiri, hehehehe
Ok saya kira cukup basa-basi diatas tentang do follow itu sendiri, sekarang langsung menuju sasaran ya.
untuk merubah blogger yang defaultnya memang no follow menjadi do follow gampang kita tinggal login pada blogger kita bisa melalui draft atau apalah sesuka anda, trus edit html, jangan lupa backup dan expand tempalte widget dicawang, setelah itu cari rel='nofollow'
seperti dibawah ini :
<a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’nofollow’> <data:comment.author/></a>
hapus tulisan yang berwarna merah tersebut sehingga menjadi
<a expr:href=’data:comment.authorUrl’><data:comment.author/></a>
atau menggantinya dengan rel='external'
sehingga menjadi :
<a expr:href=’data:comment.authorUrl’ rel=’external’> <data:comment.author/></a>
dan cari juga kode ini di html anda
<a expr:href=’data:backlink.url’ rel=’nofollow’><data:backlink.title/></a>
hapus atau ganti menjadi rel='external'
<a expr:href=’data:backlink.url’><data:backlink.title/></a>
<a expr:href=’data:backlink.url’ rel=’external’><data:backlink.title/></a>
Terserah yang mana yang anda sukai.
jika anda masih belum yakin blog anda sudah do follow atau tidak silahkan ceck pakai firefork dan mendownload dan mengistal add-on nodofollow
trus tinggal mengeceknya dengan cara klik kanan di bagian komentar pilih NoDoFollow, jika blog anda sudah do follow maka link pada komentar akan berwarna ungu menandakan blognya sudah mendukung do follow dan jika link pada komentar berwarna pink/merah muda menandakan bahwa blog belum mendukung do follow atau masih no follow seperti contoh gambar dibawah ini

blog belum do follow

blog sudah do follow
OK sekian kampanye kali ini, saya akhiri dengan salam dan tak lupa penutup doa.
dan tak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang rela meluangkan waktunya untuk sekedar membaca dan mengisi komentar di blog saya ini.

74 Responses to "kampanye do follow dan trik merubah no follow menjadi do follow"

  1. hayooooo semuanya ikuti bang oeoses untuk segera mengkampanyekan do follow ntar saya bantu kampanyenya mas.......

    ReplyDelete
  2. punyaku dah do folw dari pertama ngeblok lho ya?

    ReplyDelete
  3. commentnya ntar aja mas.. mau belajar dulu, hehehe...

    maklum baru belajar..

    ReplyDelete
  4. iya nih sejak ganti templit lom di do fllw lagi. ntar ya?

    ReplyDelete
  5. Balik lagi..!!!!

    Lapor, saya sudah merubah jadi do follow. Laporan selesai..

    ReplyDelete
  6. ohh gitu ya mekanismenya... baru paham cc... thx ya dapat pelajaran lg niyh :)

    ReplyDelete
  7. masih bingung nih Broo..masih belom mengerti...
    duh dasar JoVie NewBie!!
    kudu belajar lagi nih Bro...

    ReplyDelete
  8. omong2 soal do follow itu sebenernya diambil dari nama sendal ya... sendal do follow.... hue...he....

    *kaburrrr*

    ReplyDelete
  9. jelasin lg dung.... lemot ni....

    ReplyDelete
  10. weehhhh lagi nyebarin virus do follow neh.. hehehehe.. entar sy dukung lah

    ReplyDelete
  11. sama-sama dah do follow dunkkkk

    ReplyDelete
  12. @pecinta kode @blogspot @edisamsuri : sip kang ayo rame-rame beralih ke dofollow

    @JoVie @wendra wijaya : wah ternyata udah do follow juga ya....!!!

    @meme story : tuh tanya Jovie, firdaus, edisamsuri,blogspot, gus, hakimtea, pecinta code aja, kan dah tak tulis dengan merah diatas "jangan disini", hehehehe

    @Mashencipz : kayaknya iya kang

    @uNieQ : gimana udah dipraktekin gak nih...?

    @Kristina Dian Safitri : kapan mau diubah lagi mbak...?

    ReplyDelete
  13. wah--wah--wah..u follow i follow dunkz..:D trus follow-folow-an deh..wehhh..saya dicantumin nie.wah..trima kasih kang..malu saya komen telat terus disini..padahal pengen yg pertamax..:-s laris manis blognya akang nie..makasih komen do-follownya kang..:D malming ama kompi nie..;)) suamaaaaa..:D ae termasuk ga yah di blognya kang firdaus..oiya..udah..:D bisa kang oeoes duluan yah promoin nie..kayanya cocok jd ting markriting..marketing..huehehe.:D:)) mantab kang..pancem oyeee..ronda yukzzz..ga ada cewe yg nganggur malming..hikzz..:-s:((

    ReplyDelete
  14. cuman tambahan mas klo cara nyari di edit html/java scrip-nya biasa-nya saya menggunakan mozilla FF dengan kombinasi CTRL+F atau menu edit > Find in this page tinggal copy paste keyword punya MAS UUS di kolom pencarian kiri bawah dan ganti warna hijau dari hasil pencariannya

    *just share ilmu bro*

    ReplyDelete
  15. @Blogger Addicter : sama-sama kang, sekalian promoin blog sampyan sing uapik.wahahahaha pantes ya aku dadi marketing...?wani bayar piro ki...?

    ReplyDelete
  16. @kapanpun : iya bro,mang bisa gitu tapi kalau masih belum yakin blognya udah do follow atau belum bisa pake tool add-on tsb, aku mang biasanya pake itu kalo cek html. tool ini hanya untuk mengecek do follow atau tidak aja kok. atau bisa juga blog komentar yang dipilih trus klik kanan pilih view selected source lihat apakah masih ada rel='nofollow' atau tidak

    ReplyDelete
  17. wah thank nich broo sharingnya

    ReplyDelete
  18. wahhh... aku udah nyobain nih dan tarararara.... akhirnya bisa setelah semaleman aku pelototin edit html blogku hehehe.... skrg udh do follow nih...

    ReplyDelete
  19. hiks.. ora mudheng..
    kayaknya harus kursus privat nih oes..
    sesuk tak jajale sek..

    ReplyDelete
  20. @Lyla : sip mbak daftarin di blognya kang firdaus gih

    @tyas : arek sitok iki kapan sih gak lemot, hehehehe, ok private tak tunggu

    ReplyDelete
  21. salam hangat bro!:)

    ReplyDelete
  22. ternyata banyak ya kode yang harus diganti..coba dulu ah

    ReplyDelete
  23. weh weh.. gitu ya caranya... trims infonya bro

    ReplyDelete
  24. O... caranya gitu ya mas oesoes..
    Btw, mas oesoes pasti orangnya cakep..

    ReplyDelete
  25. waaaa.... ikut gembor-gembor ah..

    AYO.. Do FOLLOW.. supaya.. supaya apa ya..???
    Supaya kita bisa sering main pingpong bareng.. ya mas oeoes ya..

    saya komen disini, mas oeoes nge-ping saya.., mas oeoes nge-pong disana.. saya nge-ping kesini..

    *tambah pusing pang-ping pang ping.*

    ReplyDelete
  26. ntar nyobain ah..thanks tipsnya:)

    ReplyDelete
  27. Mas..Lapor!!!
    Blog Jovie udah Do Follow..Apa yang harus dilakukan sekarang??
    ======================================
    Mas Oeoes lagi sakit yah?? moga cepet sembuh deh yah..

    ReplyDelete
  28. ooo...mas oeoes lagi sakit? pantes atuh cukup lama tidak mendengar kabar. semoga cepat sembuh ya mas. sedang berusaha untuk ikutan u comment i follow nih :)

    ReplyDelete
  29. @JoVie : ajak yang lain untuk do follow, hehehehe, makasih dah baekan kok

    @Nandien : dah baikan kok mbak, sip mbak ntar kalo udah daftarin di blognya kang firdaus ya

    @nita, @Fachia, @ebleh 182 : sama-sama

    @Toni : dicoba dulu gih

    @firdaus.a : sampe aku pusing beneran, hehehehe

    ReplyDelete
  30. Terima kasih atas infonya, salam kenal dari kami :)

    ReplyDelete
  31. kl kang boim mah...yang penting ngeblog plus cari kawan...

    ReplyDelete
  32. Sip cocok
    Aku mendukung

    ReplyDelete
  33. @Bisnis : sama-sama

    @Kang Boim : iya juga kang

    @Praja N : Ayo sama-sama mengkampanyekan

    ReplyDelete
  34. Wah sayang saya gak bisa nyoba, tapi biasanya wordpress udah dofollow

    ReplyDelete
  35. @Ridho : kenapa kang, defaultnya wordpress setahuku belum kok. dicoba aja kang ubah rel="external no follow" ke rel="external". kalau dilihat blog sampyan masih belum do follow tuh

    ReplyDelete
  36. siip.. boleh juga niih..!!

    ReplyDelete
  37. mas oeoes .... sukses selalu dgn do follow.

    ReplyDelete
  38. bunda tetep nggak bisa, udah nanya ke om firdaus juga.. hik.hik.. knapa..knapa? bunda hapus rel='nofollow ganti pake external, jawabannya slalu:

    Widget dengan id "Blog1" tidak dapat mengandung elemen "#text". Sebuah widget hanya dapat mengandung elemen b:includable.

    Gimana dongg....

    ReplyDelete
  39. @tetetzet : silahkan dicoba bro

    @artofreed : sama-sama kang

    @Rierie : sik ya bunda, coba saya cek blog milik bunda, mungkin ada kekeliruan, kalau pake external no follownya saja yang diganti bunda, misal rel='nofollow' dirubah menjadi rel='external' atau langsung hapus saja rel='nofollow' nya

    ReplyDelete
  40. udah di coba mas.... u comment i follow.. thx ya infonya :)

    ReplyDelete
  41. Tq infonya nih, coba dulu aah...

    ReplyDelete
  42. coba koment di sini yah :D

    ReplyDelete
  43. Tengkiyu dah, akhirnya blogku do follow juga akhirnya, makasih banyak .....

    ReplyDelete
  44. @defilth go-blog : monggo

    @Nurdiansyah & @andi sukry : sama-sama

    @sigit : silahkan

    ReplyDelete
  45. akang kok ga' bilang-bilang...he...ntar tak coba akh

    ReplyDelete
  46. waduh kode html acy kok beda yaw??jadi bingung nich mo bikinnya??

    ReplyDelete
  47. @putra babel : silahkan

    @acy : beda gimana mbak....??

    ReplyDelete
  48. lapor!!! dah polo ni :)

    ReplyDelete
  49. belakangan saya membaca banyak sekali tengan follow2an seperti ini, tapi jujur... ga ngerti :(

    ReplyDelete
  50. komentarku sudah berwarna biru mas
    byme alien gundul

    ReplyDelete
  51. mas, dapat banner do follow itu dr mana yah? q pingin pasang jg. mo ikutan kampanye nih. oh ya lam kenal. trims

    ReplyDelete
  52. Thanks tipnya ya, gue mo coba ah, mohon bantuannya ya kalau ternyata error. thanks

    http://marvelku.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. @h4riss : laporan diterima kang

    @shierly : sabar lambat laun pasti ngerti aku dulu juga gitu kok, hehehehe

    @byme : sip makasih bym

    @ayas : comot aja banner diatas

    @marvel : ok saya bantu mas kalau ada error

    ReplyDelete
  54. Makasih infonya... :D

    ReplyDelete
  55. Thanks..for do follow tips....

    ReplyDelete
  56. thanks nih article yang bagus, saya mungkin akan melakukanya juga

    ReplyDelete
  57. Mas…
    saya kan dan ilangin rel=”nofollow”
    di browser pake addon grease monkey script nofollow highlight tujuannya supaya link nofollow nanti ketauan….
    tapi blog saya masih nofollow klo menurut grease monkey itu… padahal rel=”nofollow” dah di hapus.
    salahnya dimana ya??

    btw... template nya bagus

    ReplyDelete
  58. Makasih informasinya mas. Bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  59. Terima kasih dengan infonya..nampaknya aku dapat lagi tips lagi dekat blog ini. Apa2 pun terima kasih selamat tahun baru :)

    ReplyDelete
  60. Thx banget ya infonya bang,moga2 dalam waktu deket aku bisa bikin blog kayak abang :D

    ReplyDelete
  61. Blog ini sekarang Do follow ya mas??
    kalo gitu komentku dapat backlink dong,...??
    Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

    ReplyDelete
  62. Bang, bagaiman dengan yang pake wordpress. Bagi-bagi tips ya...thks dan salam kenal.

    ReplyDelete
  63. klo di wordpress mah tinggal pake plugin mas hehe

    ReplyDelete
  64. mas, numpang liat caranya yah... soale mau ikut dikampanyekan. Bravo do follow indonesia.

    ReplyDelete
  65. lihat liha dulu sob
    knapa cara merubah do follow berbeda-beda yach

    http://trik-tipsblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  66. don't forget to visit my webmaster park to get your free link free directory there.
    thanks a lot

    ReplyDelete
  67. Bagus deh kalau sudah pada mau mendukung gerakan dofollow, berarti sudah mau membantu blog lain untuk mendapatkan backlink. O iya, blog saya juga mendukung gerakan dofollow.

    ReplyDelete
  68. Saya pernah baca report katanya nofollow juga dihitung untuk backlink, tapi memang kualitasnya lebih baik yang follow.

    ReplyDelete
  69. Salam kang.. Ketemu lagi kita.. Lg nyari ide postingan nih, mondar mandir gak jelas.. hehe..

    @ ilmu komputer
    Dofollow atau nofollow adalah sama-sama backlink. Cuma bedanya, Google gak menganggap yg nofollow (dan cuma google yg nerapin diferensiasi *membeda-bedakan* dofollow dan nofollow ini). Search Engine lain seperti Yahoo tidak mempermasalahkan link dari nofollow :)

    ReplyDelete
  70. tapi mau tanya ni kapan(berapa lama) si google mencatat backlink buat blog kita, misal setelah tukeran link, atau berkomentar ...
    Thx

    ReplyDelete