Kenapa Blog saya Do follow...??

Do Follow, U Comment I Follow kata yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi blogger, tak jarang para blogger bahkan sudah banyak blogger yang memasang banner do follow atau u comment i follow pada blognya.khususnya di blog saya sendiri.
Tapi apakah semua blogger tahu maksud dari gerakan atau komunitas U comment I follow atau biasa di dikenal do follow ini....?

Sekilas memang mudah mengartikan maksud dari U comment I Follow yaitu anda komentar saya akan mengikuti atau anda komentar saya akan berkomentar balik pada blog anda , ya begitulah kira-kira yang saya tangkap dari kebanyakan brogger entah itu blogger baru ataupun lama.
Tapi bukan itu maksud sebenarnya dari komunitas U Comment I Follow sendiri, khususnya saya yang juga memasang banner U Comment I Follow. maksud sebenarnya adalah saya memberikan linkback kepada para blogger yang telah berkomentar di artikel yang saya buat, tujuannya adalah sebagai hadiah, kenapa saya namakan hadiah, kami sebagai komunitas do follow paling tidak sudah menghargai para komentar di blog yang kita buat, karena saya berpendapat untuk mengomentari sebuah posting, paling tidak pengunjung membaca entah itu sekilas ataupun semua isi postingan itu, nah itu yang kita hargai dengan memberikannya hadiah sebuah linkback, karena pengunjung sudah rela meluangkan sebagian waktunya untuk membaca posting dari blog kita. bukan sekedar just hello di SB.

Untuk urusan PR (Page Rank) saya tidak pernah memikirkan urusan PR itu sendiri, malah tidak berambisi untuk menaikkan PR, dikarenakan saya takut dikatakan sombong karena sampai detik ini saya masih belum sempat untuk blog walking ke semua yang pernah mampir diblog saya, dan dari itu juga kenapa pernak-pernik Rank di blog saya saya hapus, itulah salah satu alasan saya kenapa saya menghapus pernak-pernik itu.
untuk lebih mengerti penjelasan mengenai do follow itu saya ini saya copas tanpa ijin dari artikel gus yang berjudul do follow itu seksi dan 6 alasannya maaf kang saya tidak ijin.
1. Do follow menstimulus para blogger akan terbiasa menghargai tulisan atau postingan blog yang dikunjungi, karena saat meninggalkan komentar bukankah secara otomatis visitor akan membaca ? Jadi tidak hanya "say hello di shoutbox saja". disinilah saya kira letak proses enlighment-nya.
2. Mekanisme pelacakan do follow yang otomatis mencatat url visitor yang mencantumkan identitas lengkap (untuk memberikan backlink khususnya link popularity) mampu meminimalisir anonymous yang komentarnya kadang tidak bertanggungjawab. Disini visitor beraliran 'katrok-isme dan jahat-ers atau non human visitor alias spammer bisa mengurungkan niatnya.
3. Do follow menjargonkan niat baik blogger untuk memberikan souvenir tanda persahabatan kepada visitor.Di titik argumentasi ini, saya setuju. Kehangatan hubungan ini yang harus terus dikampanyekan. Dan Dofollow menstimulasikan kampanye tersebut dengan baik.
4. Kedekatan emosional dan kehangatan hubungan antara blogger dan visitor ini memungkinkan blogger terjangkiti 'wabah kangen mendadak :) bila tidak mengunjungi sahabat blogger-nya. Dan tentu saja setiap kunjungan ini akan dicatat dgn baik oleh mbak Alexa,Mbah Google,Tante Technorati , si Penyebar Gosip Feedburnet, Om Yahoo, dan si tukang ngoceh Twitter' . Eits, Dik Altavista, Mybloglog, maupun si bayi ajaib Blogcatalog juga tak akan mau ketinggalan untuk ikutan merekam.
5. Soal kaitannya dengan Pagerank harus dipandang sebagai hal lain. Karena faktor penentu-nya bukan semata2 backlink. Orang ekonomi bilang tergantung klausul cateris paribus. Artinya apabila semua syarat terpenuhi, maka Pagerank akan terkatrol tingi-tinggi, tapi bila salah satu syaratnya tak terpenuhi alias memble, otomatis Pagerank tinggi hanya akal2an si-bulus dalam menipu crawling-nya Google.
Singkatnya, disamping sangat bergantung pada tingkat kepadatan arus lalulintas link baik baclink maupun link tunggal, juga bergantung pada;
(a) Pertama,meta tag alias kata kunci yang selalu dibutuhkan para peselancar Major search Engine.
(b) Kedua, karena kualitas postingan yang memiliki magnitude untuk menggerakkan peselancar dunia maya agar mampir berlama-lama di blog kita
(c) Ketiga, karena kunjungan Pelanggan atau visitor tetap Blog kita.
6. Soal kaitannya dengan SEO seh kadang saya lebih setuju dengan orang yang sekarang duduk di sebelah saya,Mas dr. Ade, seorang dokter tapi lebih memilih menjadi praktisi bahasa mesin pemrograman PHP. Dan (telah) memegang sertifikat 'SEO hack' dr google di awal 2000-an.
Mau tahu definisinya soal SEO? " SEO itu sejenis SEOntoloyo"....hahahha


Ok mungkin segitu dulu kenapa saya memasang banner do Follow pada blog saya.

108 Responses to "Kenapa Blog saya Do follow...??"

  1. pertmaxxxxxxxxx


    duh kapan yach sy ngikutin jejak pa ustad ini...

    ReplyDelete
  2. bunda sudah berusaha sekuat tenaga, keringat membanjir dan tetesan darah... tapi blog bunda yg error..ntar bunda pengen ganti blog aja.... kalo ada waktu ha..ha..

    ReplyDelete
  3. mantap infonya sebut2annya juga mantap hehehe... feedburner penyebar gosip kalo oeoes penyebar apa ya hehehe...

    ReplyDelete
  4. @jaloe : emang jejak rasul haru diikuti kang...?hehehehe

    @Bunda Rierie : sabar bunda, nanti deh kalau kerjaan saya sudah enteng saya coba bantu lagi

    @lyla : kalo oeoes penyebar virus mbak,hehehehe tapi virus damai, ngakak lagi

    ReplyDelete
  5. gitu yah broth ?

    sukses deh buat komunitas do follow!

    ReplyDelete
  6. ikut bung Panda...sukses selalu...

    ReplyDelete
  7. @panda & enhal : iya bro, sama-sama

    ReplyDelete
  8. sip mas postigane.. Ben wong akeh podho ngerti?? Btw nggak KOPDAR lagi mas?? :D

    ReplyDelete
  9. Mas, kalo blog saya udah do follow blm ya??

    Bisa minta tolong dicek??

    ReplyDelete
  10. padahal, saya ingat betul bahwa pas saya nulis soal Dofollow, saya sedang diajarin tentang logika Dofollow sama Kang Oeoes. jadi yang dilakukan Kang oeoes ini hanya mengambil kembali hak intelektualnya yang diberikan pas diskusi tersebut...hihi. jadi malu. nunggu ditagih baru ngembaliin.... (ampyuun kang...)

    Soal komunitas do follow yang sebenarnya, setidaknya yang saya pelajari dari NICKOO Shore http://semarangreview.blogspot.com/2008/07/gus-ordinary-blogger-f-rom-now-on.html
    yang ditulis dalam situsnya http://nicusor.com/
    Dofollow adalah mekanisme bahasa pemrogaman diman automatically link back will be given.
    Jadi lebih menekankan pada mesin sebagai pekerja. Ilmu itu pula yang saya dapatkan konfirmasinya dari Suhu Abi Bakar dan Suhu Jimmy Kurniawan (linknya sudah tak patri di blog saya).
    Sementara Do follow yang rame saya diskusikan dengan Kang oeoes dan Kang Firdaus Eosmate lebih menekankan kepada 'kesanggupan siapapun yang mengunjungi blog kita, terlebih mengomentari postingan, maka kita akan menyambangi blog pengunjung tersebut. dan sekaligus meramahinya dengan komentar'.
    Jadi yang kedua, lebih menekankan pada kinerja Blogger bukan bahasa mesin Blog.
    Ilmu ini yang pernah saya bilang: "saya dapatkan dari Kang Jaloe (linknya juga selalu nempel di blog saya)

    Nah terserah kita, mau ngikut Dofollow yang mana. ?

    -------
    suwun untuk memberi saya kesempatan menjelaskan. regards

    ReplyDelete
  11. sebenarnya kemarin saat pasang do follow aku blm tahu apa maksudnya..yacchh iseng2 aja coba trik and tipsnya om kendhin...nnacchh baru skrg aku ngerti stlh ku baca penjelasannya darimu..thanks,makacih,maturnuwun,arigato,toce sai..

    ReplyDelete
  12. saya setuju dengan komunitas ini kerna lebih manusiawi ga cuman sekadar berhai2 di SB dan minta dikunjungi dan tuker link tapi ga pernah mo baca postingan si empunya blog...

    salutt...

    ReplyDelete
  13. @EbleH 182 : just share aja kang, biar gak ada salah pengetian lagi tentang do follow, kopdar nang jember wae kapan2 yo

    @srikandi : kalau saya cek sudah do follow tuh, kalau kurang yakin silahkan konsultasikan ma kang gus tuh pakarnya :)

    @gus : huahahahhaa kang gus ada2 aja nih, ngambil hak intelektual segala, berat nih bahasanya kang.makasih atas sharingnya kang, sebenarnya sampyanlah guruku :)

    @anita : sama-sama mbak

    ReplyDelete
  14. @Caroline Sutrisno : wah ada istilah blogger manusiawi nih, hihihihi.

    ReplyDelete
  15. semoga banyak blogger2 lain yang membaca postingan ini dan mengerti penuh arti do follow itu.

    ReplyDelete
  16. wah banyak pro dan kontra ya...tp memang masih misterius..wehehehe..kyk horor aja..wkwkwk

    ReplyDelete
  17. Ke tujuh belas....
    hmm sekarang lagi banyak memabahas do follow yak... btw any buzway jika maksud you comment i follow bukan seperti yang mas oesoes bilang berarti kita kita tidak berkewajiban untuk mengomentari balik karena blog yang sudah memberi komentar di blog kita sudah mendapat " hadiah"berupa backlink, hmmm saya pun berpikir seperti itu you comment i comment juga, ternyata bukan seperti itu ya makna do follow ini ,mohon pencerahannya om oesoes saya masih newbie masalah urusan hal beginian. sudah pasang bannernya tapi agak kurang sedikit paham saya mengenai do follow ini...

    ReplyDelete
  18. @Bayu Aditya : moga aja mas bayu.

    @erwin : kalau menurut saya sih bukannya pro dan kontra, dikarenakan karena ketidaktahuan saja, apalagi ditambah sok tahu, hehehehe. Misterius gimana maksudnya mas erwin...?

    ReplyDelete
  19. @subagya : tuh komentar kang gus bisa dijadikan pandangan.sama kang aku juga newbie nih

    ReplyDelete
  20. kalau gitu seharusnya bukan you comment i follow kali yah... mungkin tepatnya I Support do Follow atau Do Follow Yes !!! atau apalah... kekekekekek masih bingung saya .....! $#@$%@>>>( bener-bener pusing masalah do follow ini)

    ReplyDelete
  21. bagus juga nih... saya sendiri belum pasang... makasih buat infonya...

    ReplyDelete
  22. huehuehuehue... iya kang... kita harus do follow terus... huehuehuehue...

    btw thank's buat infonya... saya juga baru tahu nih... huehuehuehuehue

    ReplyDelete
  23. mantaf... mudah-mudahan tercerahkan dan ga ada salah kaprah lagi hi..hi... :D mathur tengkyu kunjungannya yaks ;)

    ReplyDelete
  24. @subagya : pegangan mas kalau pusing, ok gini aja nambahin mas, misal ada seseorang yang di blognya di menggunakan bahasa yang tidak kita ketahui, misal bahasa madura, tapi dia selalu dan selalu mengontari setiap artikel yang mas buat dengan bahasa indonesia tentunya...!!apa yang mas mochal upz mas subagya lakukan, mau mengomentari artikel dia tapi tidak sesuai dengan isi artikelnya atau hanya just hello di SB...???met pusing mas subagya!!!! hehehe

    @Hellen, @Fajar Indra : sama-sama

    @sigid : amin, moga aja gak ada yang salah kaprah lagi

    ReplyDelete
  25. @ oesoes > yups, nambah pusing mas ... jadi intinya apa yak kekekekkekke :p ,saya harus belajar bahasa madura kali yak? wekekekekek wiss pokeke aku dukung DO FOLLOW untuk pemilihan 2009 nanti ( halaaah-red).

    ReplyDelete
  26. dgn teliti sayah baca neh artikel,jujur aja mas sayah baru ngerti mksd do follow itu stlh bc dsini,nuhun pisan info'na :)

    ReplyDelete
  27. saya juga dofollow :D

    ReplyDelete
  28. @subagya > hehehehe met pusing ria aja mas mochal upz salah lagi mas subagya

    @utti > sama-sama mbak

    @zeze > sip bro, moga saja mengerti maksud dari do follow itu sendiri.

    ReplyDelete
  29. komentare wes diborong kabeh...
    meh komen apa ya.....
    pokoke... I luv Do Follow dueeehhh.....

    ReplyDelete
  30. kita sebangsa dan setanah air.lho??hi..hi...apa maksudnya? gak tahu!

    ReplyDelete
  31. Do Follow apaan sih?? Ga' Mudeng...!!

    ☆┌─┐ ─┐☆
     │▒│ /▒/
     │▒│/▒/
     │▒ /▒/─┬─┐
     │▒│▒|▒│▒│
    ┌┴─┴─┐-┘─┘
    │▒┌──┘▒▒▒│
    └┐▒▒▒▒▒▒┌┘
     └┐▒▒▒▒┌┘

    ●●Peace by JoVie●●

    ReplyDelete
  32. @rofi : monggo mas kalo untuk sekedar mencari linkback, hehehehe

    @tyas : kok tumben gak ngrusui mbak...?

    @Kristina Dian Safitry : sekalian merdeka mbak dian

    @JoVie : mudeng=muka gendeng...??hehehehehehe
    mbak ajari gawe ngene
    ☆┌─┐ ─┐☆
     │▒│ /▒/
     │▒│/▒/
     │▒ /▒/─┬─┐
     │▒│▒|▒│▒│
    ┌┴─┴─┐-┘─┘
    │▒┌──┘▒▒▒│
    └┐▒▒▒▒▒▒┌┘
     └┐▒▒▒▒┌┘
    peace juga ya hehehe copas kok

    ReplyDelete
  33. do follow lagi rame dibicarain neh
    kok baru skrg ya, ato saya yg telat :D

    pokoke do follow lah,
    mas ak belum ngeh kaitan antara do follow ambek Pagerank, banyak dibilang blog penganut do follow nggak pagerank friendly, bisa tolong diberi penjelasan teknisnya, knapa bisa begitu?

    tengkiyu sebelumnya

    ReplyDelete
  34. saya udah membaca artikel anda tentang do follow beberapa waktu yang lalu, dan ini LEBIH lengkp lagi. SUKSES ya MAS

    ReplyDelete
  35. do follow... artikel kedua tentang do follow yang cc baca hari ini...

    ReplyDelete
  36. ya..ya..ya..beremma kaberre?? wekekeke..

    duh..saya newbie kang..mohon petunjuk ke jalan yg benar yah..hehehe..mohon maaf lahir dan batin duenggg..kekeke..

    kang..wes ki muantebbb postnya..duh belibet..

    maaf ney kang telat komen sesuai nama saya..hehehe..sebokkk kerjaaa..hikzz..

    dari penjelasannya seh jelas banget atuhhh itu kang..saya mesti banyak belajar lagi ini..

    belajar do follow..waktu pun skg mahal dan susah buat saya kang..duh curhat markuhat desene dahh..sory kang..lagi indak konsen eke..hehehe..

    nti balik lagi saya..mau ke toilet..halah gak nyambung nie kang..maaf yeee..

    nice post kang..saya indak bisa buat seperti ini..hikzzz..

    ReplyDelete
  37. saya setuju aja kang mengenai do follow, artinya sebagai apresiasi rekan2 yang telah memberikan komen, nulis komen kan juga butuh waktu dan tenaga jadi harus di hargai hehehe kali yeeee

    ReplyDelete
  38. lengkap tepat padat, btw meta tag blog cumie error kang oeoes, jadi mbah google suka ngambek klo mengcrawl. tp biarlah dulu.. lg sibuk dengan kehidupan dunia nyata nih wehehehe

    ReplyDelete
  39. @arielz : waah kalo saya masalah gituan jauuuuh banget kang... gak nyampe otak saya... he.he.he.. dan saya se memang gak ngambil pusing masalah PR... biar yang lain aja yang jelasin... *pis kang* ok sekali lagi piss asal tidak **pis

    @kapanpun : sukses juga ya...!!!

    @taktiku : mantap apanya, hehehehe

    @UnieQ : artikel kang riasmaja ya mbak cc

    @Nara : baik kang, wuih mohon petunjuk kejalan yang benar, mang selama ini belum benar ya, nih aku beritahu lurus ntar ada perempatan belok kiri, nanti akan bertemu pertigaaan kenceng aja jangan belok disitulah jalan yang benar, dipastikan sampeyan tersesat, hehehehe.

    @dede : emang betul kok mas, tenaga ngetik hehehehe

    ReplyDelete
  40. masih bisa komen gak..mumpung disini do polow

    ReplyDelete
  41. kalo cara buatnya gimana kang?? trus kalo ntar menghapusnya gimana?? thanks U :)

    ReplyDelete
  42. tuan rumah nih kayaknya sibuk reply komen.makanya gak sempet BW,hua..ha..he..he..hi..hi...

    ReplyDelete
  43. yah setuju itu !! menghargai sesama blogger.
    ngisi koment tuh rasanya semacam apresiasi gitu^^

    ReplyDelete
  44. wah hebat nh pingin kita ikutan

    ReplyDelete
  45. oooh, begitu toh do follow. maklum saya itu suka telat sama halhal yang ada hubungannya sengan teknologi. punya blog saja saya sudah bersyukur hehehe

    *maap mas oeoes, saya malah curhat hehehe*

    ReplyDelete
  46. horeee!!! jadi begitu to maksudnya do follow:D

    ReplyDelete
  47. Oo, jadi begitu maksudnya? Kalau 'hadiah'nya ga terlalu berarti ga papa? ^_^

    ReplyDelete
  48. setubuh eh stujuh dech! :)

    ReplyDelete
  49. Hidup DoFollow :D
    Saya sendiri merasakan dampak positif sejak melepaskan tag nofollow di blog saya :)

    ReplyDelete
  50. wah asik ni dapat follow...

    ReplyDelete
  51. @cumie > gak sekalian 4 sehat 5 sempurna kang, hehehe. gpp kang santai saja.

    @iksan > masih kok mas

    @acy > di postingan saya yang terdahulu klik disini

    @Kristina Dian Safitry > iya nih mbak sibuk balas komentar n banyak kerjaan, belum sempat BW

    @jingga > i like that

    ReplyDelete
  52. @yaqon > silahkan, saya tidak memaksa untuk para blogger ikutan tergantung dari pribadi masing-masing.

    @cerita senja > gak apa-apa kita share aja disini, sama-sama belajar. jujur itu lebih baik daripada sok tahu tapi ntar salah. ya kan mbak

    @namaku wendy > hore juga mbak wen, lho kok hore ya.

    @Merry Hariadi > gak apa-apa mbak :)hehehehehe

    @h4riss > setuju apa ya mas (bingung mode on), saya lho gak minta mas menyetujui blog saya harus do follow, hehehehe just kidding ok

    @Dewa > weh kalau mas ini udah mendahului do follow. sip mas

    @Anang > ini F O L L O W nya mas anang, hehehehehe. wah gak nyangka nih mas anang ikutan komentar disini makasih ya mas anang :)

    ReplyDelete
  53. pokoknya waktu kekamar mandi jangan follow lho!..hik3

    ReplyDelete
  54. mau komen lagi ah......
    men komen komen......
    haruys bersedia dirusui ya, oes....

    ReplyDelete
  55. mampir nih mas, waktu awal saya pernah dfoll tapi setelah saya kena tsunami blog, semua saudata-saudataku ilang dan saya merubah templatenya dan mengulangi agar dfoll, tapi tetap aja nfoll,.....why...do you now mas? tell me hw cn ai duid?...

    ReplyDelete
  56. Sipp deh, bagus nih ... komentarnya dofollow .. ayo galakkan dofollow .. hehehe ...

    btw, saya lagi mengumpulkan blog-blog yang dofollow nih ..blog ini masuk daftar ..

    ReplyDelete
  57. Makasih.... baru tahu lho maksudnya do follow.

    ReplyDelete
  58. dah waktunya update nih.update,update, sorry ya pr dari barusan daku kerjakan.

    ReplyDelete
  59. ooooooooooooooooo........ baru tau...

    ReplyDelete
  60. nah...loh....kan malem dah di ajarin,tinggal alamatnya mana?

    ReplyDelete
  61. kalo saya Pro- Dofollow Blog.. hehe

    ReplyDelete
  62. OOwh gitu ya??? yo wis komen Lah,he,he

    ReplyDelete
  63. i comment aj lah... blognya enak di pandang... salam kenal..

    ReplyDelete
  64. Hmmm...
    blh g gab di komunitas nya itu ya

    ReplyDelete
  65. I will follow do... Follow Do wherever it may goooo... (lah mirip lirik lagu sister act neh) :D

    ReplyDelete
  66. eeehhh... nyasar lagih neh

    ReplyDelete
  67. do follow ? ... boleh juga nih

    ReplyDelete
  68. Kalo I komen U follow gimana?..hahaha...lam kenal

    ReplyDelete
  69. Kkyk Iklan Rokok folloe segala :D

    ReplyDelete
  70. Dukung terus Gerakan Do Follow Indonesia.....
    Klo perlu buat persatuan Bloggers Do Follow Indonesia disingkat DoLoNes.....

    He...hE...hE... 262 x

    ReplyDelete
  71. numpang nanya om..
    klo do follow tu rawan kna spam ga sih?
    trus cara menghindari spam gmn?
    makasih om
    salam

    ReplyDelete
  72. numpang komen om...
    jadi makin paham aja dgn do follownya, padahal jujur petama kali naksir cuma karena tombolnya yg 3D merah itu keren bangeeed, trus pemahamannya baru sampe di jalin sirahturahmi, jalin pertemanan, dst.

    ReplyDelete
  73. hidup do follow,
    tapi koq saya masih jarang ya dapet backlink dari do follow,seringnya malah dr no follow

    ReplyDelete
  74. salam ... udah jalan2 dari 2 blog nyari tau ttg. do follow. pernah baca di blogger indonesia (fatih syuhud) tapi blom 'ngeh. tadi gak sengaja ketemu do follow lagi di blognya mba tiyas, mampir ke link blogger addicter .. blom faham juga (telat mikir:)) akhirnya jelas pas nyampe di sinicumablogspot dot com.. Setuju ah sama spirit do follow .. building a greater network, and a warmer friendship :) ... (so inggris)
    Makasih kang.

    ReplyDelete
  75. @papapam traffic : wah bisa bahaya kalu kekamar mandi ayang yang follow mas, hehehehehe

    @tyas : wis mulai ki, hehehehe, ok mbak gpp dengan senang hati

    @harry : tsunami wakakaka, mangnya kenapa kok bisa kena tsunami. udah do follow lagi kan.

    @Permana Jayanta : makasih mas

    @setiawan : ok deh

    @dhie : sama-sama mas

    @Kristina Dian Safitry : sabar ya mbak. sesegera mungkin aku update

    @malapu : sip

    @Bani "BBoy Kodok" @AdiGuna : makasih komntarnya :)

    @Tedy & @virtual mind : silahkan mas gak ngelarang kok dan tidak ada paksaan, kalau udah do follow silahkan kunjungi blognya mas firdaus pada link blog do follow di sidebar atas

    @Milla Widia N : saya malah baru tahu mbak :)

    @sigid : lho kok bisa mas mangnya mau kemana...?mending naek angkot aja jangan jalan biar gak kesasar

    @erwin : mangnya dulu aliran apa ya....?hehehehe

    @Long Ai Tian : saya yang komentar mbak ngasih rokok saya, hehehehe, salam kenal juga mbak

    @Lukman Chakim : boleh juga masukannya mas, follones

    @cahpesisiran : kalau blogger iya mas,masalahnya belum ada fasilitas antispamnya beda dengan WP ada antispamnya, caranya yah tinggal hapus aja komentar-komentar aneh yang menurut mas itu spam (untuk urusan spam baca postingan mbak jovie ya tentang spam).atau bisa dengan persetujuan komentar akan ditampilkan atau tidak.moga saja blogger segera membuat antispamnya.

    @indonesiadua : bagus tuh kalau sudah paham

    @chiero : tanya aja paman goole, hehehehe

    @Mursalin : sama-sama, oiya kunjungi juga blog kang firdaus, kang riasmaja, atau kang gus. disitu juga dijelaskan kok

    ReplyDelete
  76. sip ini baru jelas tentang dofolow, dan karenanya naza juga membuatkan kotak "TOP BLOGGER" yang secara otomatis terisi link teman kita yang telah meninggalkan pesan di blog naza. pokoke naza ikut mendukung titik.

    ReplyDelete
  77. kenapa blog mau oeoes di follow? yang namanya di follow kan kalo bahasa indonesianya di ikuti, kalo orang yang di ikuti kan pastinya jadi panutan atau tauladan,,,ehhh nglantur? bener nggak ya? hehee

    ReplyDelete
  78. apapun antnya... mo dofollow ato nofollow yg penting minumnya tetep teh botol xxx... he..he...

    ReplyDelete
  79. nyasar dari istanananya mas ebleh, eh malah disuguhi artikel tentang do follow, jadi kepengen deh..

    ReplyDelete
  80. untuk ini saya gak terlalu banyak koment hanya pengen tahu bapak dan ibunya do foll kang?, itu saja enggak lebih thx, tadi dah menuhi tempat aku

    ReplyDelete
  81. I folow to. Bisa ga ya saya menjadi seperti para senior di sini. Mohon petunjuk dan sarannya. Makasih.

    ReplyDelete
  82. Di posisi buncit.....

    Kang mau nanya, blog saya udah takbuang rel=nofollow untuk yang comment, tapi rel=nofollow khan sebenarnya ada dua, satu untuk comment dan satunya untuk apaan tuh kang?

    ReplyDelete
  83. @NAZA LUCKZANA : makasih mas

    @dede : ya kalau diartikan langsung itu mas, do follow disini adalah suatu hadiah backlink bagi yang berkomentar di postingan kita mas. kira-kira begitu penjelasan singkatnya.

    @Masenchipz : benerjuga bro, minumnya tetap teh botol xxx, hehehehe

    @Rida : silahkan dicoba

    @IYeeS : silahkan tanyakan yang belum dimengerti.

    @harry : bapak ibunya ndak tahu om, hehehehe

    @Bang Aan : maksudnya bisa apa bang...?mungkin bisa diperjelas...?

    @Qittun Lagi Nyepam : untuk nofollow pada kolom BACKLINK/TRACKBACK. Kolom Backlink/trackback adalah kolom yang disediakan untuk membuat track jika ada yang melakukan Link terhadap Posting tulisan kita. untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel mas firdaus do follow blog

    ReplyDelete
  84. Makasih kang petunjuknya...sekarang saya nggak tersesat lagi...

    Btw, blog saya rel=nofollow untuk Kolom Backlink/trackback terlanjur saya hapus.. tapi nggak apa2...

    ReplyDelete
  85. apakah kita menulis utk dikomentari?
    SAYA TIDAK.

    ReplyDelete
  86. ada sedikit pandangan sih mas tapi masih bingung juga padahal sudah rame dibicarakan ya
    byme

    ReplyDelete
  87. coba kmen lagi ahhh....
    do follow yah... hmmm kl untuk masalah tujuan back link automatic itu benar adanya, memang logicnya seperti itu, tetapi... hehehe ada tetapinya nih, bnyk yg g sadar kl komentar yg mereka tulis di blog yg pake do follower itu memakai baclink di profile blogger kita, bukan link dari blog yg komentator miliki, coba deh dicheck, dari seluruh komentator yang ada dsini masih ditas 20% yg menggunakan link profile bloggernya ketika dia memberikan komen...... tapi itu semua tergantung dari tujuan dan ketelitian komentator terhormat.

    cmiiw
    indoware

    ReplyDelete
  88. Sebagai bentuk murah hati ya mas

    ReplyDelete
  89. numpang ikutan komen ahhh....

    ReplyDelete
  90. aku ikutan komentar juga aahhh :)

    ReplyDelete
  91. Waduh bener2 mulia sekali, hehehe...
    mas lam kenal ya, mampir juga ke blogku jangan sungkan2, hahahaha...

    ReplyDelete
  92. Walah-walah...usulan menarik....
    tapi belum terlalu mengerti neh...
    Gimana caranya?

    ReplyDelete
  93. Wah... Penjelasan do follow yang memuaskan!! Blog saya juga DO FOLLOW tapi ber PR-2, heran saya?

    ReplyDelete
  94. Hi, it's nice to see one more in the movement of U comment and I follow.As I can't understand why many of them still stick to no follow when there is no reason to do so except to stop spam which can be done by many other means.At present A kismet is doing fine to stop spam.It not only spreads the link juice but also encourages the commentators to comment on the blog.

    ReplyDelete
  95. hmm, do follow, boleh juga tuh

    ReplyDelete
  96. yap saya setuju, jujur aja saya juga "sambil" cari backlink.. cuma ga sekedar ngetik "nice post", "thanks" dll.. saya secara ga sadar membaca postingan-postingan yang terkadang mengandung hal-hal positif yg belum saya ketahui sebelumnya, dan akhirnya malah setia mengunjungi hanya untuk ngecek posting2 berkualitas berikutnya dari yang punya blog..

    Hidup DoFollow!

    ReplyDelete
  97. Emang ga merugi kalau blog jadi dofollow, bukannya PRnya dibagi-bagi atau gimana sob?

    ReplyDelete
  98. @mobil bekas : sip...!!!!

    @Blogging tutorial : Selama komentar itu relevan dengan isi postingan why not...??
    sebagai bentuk apresiasi/hadiah saya kepada para komentator, karena secara pribadi saat ini saya sudah sangat jarang sekali blogwalking atau membalas kunjungan teman-teman

    ReplyDelete
  99. duh,,,,udah do follow tapi masih sepi pengunjung blog gw..gimana yaaah

    ReplyDelete
  100. oke... bagus... tp blog saya msh sepi tuh... waduh... pokonya kya kuburan aja,,,

    ReplyDelete
  101. kalo saya kenapa yah dofollow.. bingung juga sob.
    Mungkin biar banyak temen aja kali yah, secara amatiran gitu lohhh :)

    ReplyDelete