kesenian khas situbondo yang mulai dilupakan

Malem minggu pas ngopi bersama teman di warung sekitar alun-alun kota situbondo, ternyata di alun-alun ada peringatan hari jadi Jawa Timur.
dan ada pagelaran seni disana, wah seneng banget rasanya bisa menyaksikan pegelaran seni tersebut. Karena pagelaran seni ini sudah lama gak pernah aku lihat lagi di kota santri situbondo ini. .

Sebab kesenian yang satu ini merupakan kesenian tradisional aseli kota situbondo, yaitu pagelaran kesenian wayang topeng atau biasa dikenal dengan "kadar" . Kesenian tradisional ini Hanya tampil jika ada acara-acara hajatan perkawinan saja, dan itupun jarang sekali atau bisa dikatakan tidak pernah.





Apa karena tergusur oleh jaman ya....?? Padahal waktu saya masih kecil Kesenian Kadar ini hampir pasti ada disetiap acara-acara pernikahan ataupun acara-acara lainnya, sayang kalau kesenian ini harus punah dengan berubahnya zaman, karena aku lihat para penontonnya juga banyak dan antusias melihat pagelaran wayang topeng ini. tapi sayang sebagian besar penontonnya kebanyakan orang tua saja (pemuda-pemudinya sedikit), hiks jadi sedih, mungkin para pemuda pemudinya pada sibuk kencan ya, kan sekarang malam minggu, hehehehehe
Ya semoga saja pemerintah daerah Situbondo bisa melestarikan kesenian khas kota Situbondo ini