2 Hari Bergelut Dengan Virus

Setelah kemarin dikerjai oleh Fake AntiVirus yang menamakan dirinya PCSecurity yang terinstal dilaptop teman kantor, tadi lagi-lagi aku seharian harus berurusan dengan virus lagi, Kalau kemarin pusing karena untuk uninstal program PCSecurity tsb harus membeli product, ya alhamdulillah dengan tangan kosong berhasil meremove program fake AV tersebut, walau harus membersihkan registry, startup, dsb.

Kalau untuk yang tadi pagi disalah satu PC kantor ada yang bervirus, padahal AVnya waktu aku ceck sudah sudah terupdate dan ngikut server, tapi bagaimana lagi kalah canggih sama virusnya, walaupun AV tersebut berhasil mendeteksi virus itu, nyatanya setelah beberapa kali minta restart virus ini masih membandel, terpaksa aku menggunakan Norman Malware Cleaner, setelah menunggu sekitar dua jam lebih, akhirnya selesai juga Norman Malware Cleaner ini membersihkan virusnya. memang banyak dan bermacam-macam virus ada di PC tersebut (wakakak ternak virus nih PC) lega rasanya.

Tapi setelah PC aku restart, muncul masalah baru.....!!!PC gak mau login tiap aku login dia akan otomatis log off, sial...!!!!Dulu pernah aku mengalami seperti ini, tapi daripada pusing aku maen instal ulang saja OSnya...!!!biar cepet, tapi tadi untuk menginstal ulang data-data di folder c banyak dan ada aplikasi kantor yang harus meminta serial number baru jika harus aku instal ulang, sebenarnya gampang tinggal telpon vendornya minta S/N beres, tapi biasanya permintaan tersebut butuh waktu lama dan tidak langsung diberi, mangkanya sempat mikir 2 kali untuk instal ulang.

Setelah baca beberapa referensi, penyebabnya adalah virus Flu Burung, sial, AV sekelas symantec belum mengenali viru flu burung??dia merubah fungsi userinit.exe diregistrynya windows. Beruntung aku punya NTFS4Dos, lalu aku membooting PC ini lewat CDBootable NTFS4Dos, setelah aku lihat pada folder system32 memang benar, userinit.exe ini tidak ada mungkin terjangkit virus dan terhapus sewaktu aku scan pakai Norman Malware Cleaner, akhirnya ku coba copykan userinit.exe dari PC lain, lalu aku restart, alhamdulillah berhasil login, tanpa pikir panjang aku langsung bersihkan registry2 yang dibuat oleh virus2 tadi.

Ya inilah kelemahan dari AV symantec yang kurang bisa memprotect malware, flashdisk dan virus lokal. walaupun sudah setiap hari aku update definisinya.

29 Responses to "2 Hari Bergelut Dengan Virus"

  1. kalau saya pakai av*ra personal untuk antivirus luar negeri

    dan smad*v + ansa*v utnuk dalam neggeri, jadi baik virus lokal dan luar tidak bisa masuk kompi/laptop, tentunya harus selalu update

    semoga membantu

    ReplyDelete
  2. pake kaspersky aja mas, ahahaha. tapi abis ini juga expired sih. wkwkw

    ReplyDelete
  3. mantab euuy kang oeoes dokter spesialis virus komputer hehehehhe

    ReplyDelete
  4. Waduh, dokter cinta udah lewat nih, diganti dokter virus.. ^^V

    ReplyDelete
  5. wakh mungkin karena virus poker yah....wuakakakakakakakaka

    ReplyDelete
  6. Virus emang biki kesel kang.. Tp manteb banget perjuangan mengatasi virusnya.. :-)

    ReplyDelete
  7. wah ngeri juga gan.. gelut ama virus gak pakai tinju tinjuan kan ?? hahaha..

    jangan sampe kena ne virus... bahaya juga.. makasih artikelnya, semoga bsa jadi bahan waspada buat kita

    ReplyDelete
  8. huwatt??? pirus plu burung juga ada di PC? *baru denger*

    seep dah, bener2 dokter virus inih ^^

    ReplyDelete
  9. xexexe. . yang sabar kang, waktu itu saya liat disuatu situs yg memberikan rating pada semua antivirus, av symantec di nomor sekian gtu. . hehehe

    ReplyDelete
  10. wah ini virus fighter sejati..kalo pc saya dirumah emang khusus buat ternak virus mas...ada yang mau mintak????heeheheh

    ReplyDelete
  11. emang antivirus apa yg cocok buat mencegah virus masuk ke kompi bro?

    ReplyDelete
  12. waduh... anti virus ku pake symantec nich, jangan-jangan kompi ku suspect berikutnya. nice share banget nich. by the way, anyway, busway.. bolehkah kita bertukar link ? link anda sudah terpasang, link back yah.. don't forget..

    ReplyDelete
  13. thanks bgt buat infonya..pasti berguna, nice post..memang dibutuhkan "virus baru"
    buat artikel ini

    ReplyDelete
  14. pake PCMAV aja bos...lumayan ampuh untuk virus2 lokal..

    ReplyDelete
  15. Saya lagi download Avast nih, ada yang pernah nyoba?

    ReplyDelete
  16. Wah pakarnya anti virus bicara salut atas perjuangannya memberantas virus

    ReplyDelete
  17. emang sering tuh kejadian kaya gitu,,,tapi ngomong2 kalo mau aman pake antivirus lokal aja,,lebih yahud lo :)

    ReplyDelete
  18. pake NOD32 ato ESET smart security.. selama pake ini ga pernah ada lagi virus yg mampir2 :))

    ReplyDelete
  19. virus apapun selalu menyusahkan, ga pernah bisa punah mungkin virus didunia in

    ReplyDelete
  20. Saya sendiri nyoba Avira tp kalo make yang lainnya rasanya banyak bgt make resource memory...

    ReplyDelete
  21. @Karyasuta : benar sekali mas Avira terlalu banyak pake memory kita sehingga sedikit lambat saya sekarang pakai Sma**v dan An**v

    ReplyDelete
  22. @karyasuta @catur ariadi : coba Kaspersky dan nod32, aku malah ndak pernah pake sma**v, dan A*sav

    ReplyDelete
  23. Saya udah ngga percaya sama anti virus.... abis yg buat virus mereka juga....

    ReplyDelete
  24. Mgomong2 AVIRA saya kokstatusnya Unknown ya?
    Byasanya kan guardnya berstatus active atau gk active aja.
    ?????

    ReplyDelete
  25. kapan2 kalo konpie gw kena virus, boleh konsultasi ya...:D

    ReplyDelete
  26. lhga wong saliti di PC ja susah ilangnya... amnsak ada virus lagi? capek deh...

    ReplyDelete
  27. Hebat sekali semangatnya gan... kalau saya ketemu masalah kayak gitu langsung aja format dan install ulang

    ReplyDelete
  28. iya tull mas...kok ada ya yang gigih dan pantang menyerah seperti ini..OeOes gitu lowh!!!ckckckck

    ReplyDelete
  29. gelut koq mbek virus, nek wani gelut mbek aq ae *kaborrrrrrr*

    ReplyDelete