Memperbaiki Asus Zenfone 6 yang Brick, Bootloop atau Tidak Bisa Masuk Menu

Sudah lebih setahun saya tidak menulis di blog ini, bingung bagaimana memulainya :D, ya semoga dengan postingan ini bisa membuat saya lebih rajin lagi ngeblog, segini dulu mukadima gak penting ini, lanjut ke masalah cara memperbaiki Asus Zenfone 6 yang Brick, Bootloop atau tidak bisa masuk ke menu, mungkin ini juga berlaku pada Asus Zenfone lain.

Sebenarnya saya sangat awam dalam masalah perbaikan handphone, Permasalahan ini muncul awalnya gara-gara ponsel zenfone 6 teman saya yang bootloop, dan menyuruh saya untuk memperbaikinya, saya iyakan saja, itung-itung buat pengalaman cara memperbaiki ponsel buatan taiwan ini 😄.
ini penampakan Asus ZF6 milik teman yang bootloop
Langkah Pertama yang saya lakukan adalah melakukan Factory Reset melalui fastboot mode

Matikan ponsel, tunggu kira-kira 5-10 detik, lalu tekan tombol Volume Atas + Tombol Power secara bersamaan sampai layar menyala, sampai masuk ke dalam mode Fastboot, Dengan menggunakan tombol volume down, arahkan ke tulisan: Factory Reset lalu klik tombol Power untuk memilih.


Fastboot Mode
Factory Reset
Setelah ponsel selesai melakukan penghapusan, pomsel akan merestart, setelah saya tunggu sekitar 5-10 menit, ZF6 teman saya tetap setia ditampilan logo ASUS, saya coba tunggu sekitar 5 menit lagi mungkin si ZF6 lagi booting ternyata dia masih berkutat dengan logo ASUSnya. akhirnya saya coba cara lain, yaitu menggunakan Wipe Data & Wipe Cache Melalui Recovery Mode

Matikan ponsel lalu masuk ke Fastboot Mode dengan cara menekan tombol Volume up + Tombol Power secara berbarengan, lalu pilih recovery, Ponsel seperti restart lalu setelah itu layar akan muncul gambar Android terlentang dengan gambar tanda seru dan segitiga merah diatas perutnya, tekan tombol volume bawah, sambil tombol volume bawah ditekan, tekan tombol volume atas, lepas tombol volume atas, tapi tombol volume bawah tetap ditahan, sampai muncul tampilan seperti gambar
android recovery mode Asus Zenfone6
Setelah itu dengan menggunakan tombol Volume untuk navigasi, pilih: Wipe data / factory reset  tekan tombol power untuk konfirmasi. Tunggu sampai proses benar-benar selesai, lanjut ke wipe cache partition dengan cara yang sama > tunggu sampai proses selesai, dan pilih reboot system now
tunggu sampai ponsel restart.

Ternyata cara ini juga gagal membuat ZF6 teman menyala normal, lagi-lagi setia pada logo ASUS, akhirnya saya coba untuk melakukan flash firmwarenya melalui adb sideload. sambil mencari artikel-artikel cara memflash asus zenfone 6  di internet, setelah menemukan caranya saya download software-software yang dibutuhkan

software-software tersebut antara lain :

  •  Intel USB Driver for Android. Bisa download disini
  •  ADB Fastboot tool (Platform-tools).  Download disini
  •  Firmware Android Zenfone 6. Download disini > pilih OS: Android > klik firmware pilih sesuai gadget anda.

Setelah semua software berhasil di download, lakukan instal intel usb driver, lalu ekstrak adb fashboot tool yang masih dalam bentuk zip, selanjutnya copykan firmware yang telah di download tadi di dalam 1 forlder dengan adb fashboot tool. jika nama file fiemware kepanjangan atau susah, rename aja sesuai kehendak hadi misal, zf6.zip, tujuannya agar mudah dalam pengetikan natinya.

Matikan ZF6, setelah mati masuk fastboot mode dengan cara yang sudah saya ajarkan diatas, lalu pilih recovery sampai muncul menu pilihan seperti gambar.

Pilih apply update from adb, lalu sambungkan ponsel anda dengan menggunakan kabel data ke pc/laptop. Pada posisi folder platform-tools di komputer lalu aktifkan Command Prompt dengan cara: Tekan Shift kiri pada keyboard dan sambil ditahan klik kanan mouse > pilih Open Command Window Here



Pada posisi Command Prompt, ketik "adb devices" tanpa tanda petik lalu tekan enter, jika ponsel sudah sukses terkoneksi maka akan muncul keterangan ZF6 milik Anda di layar komputer. Tetap pada posisi command prompt ketik adb sideload (nama file firmware yang tadi di download). Contoh: adb sideload zf6.zip lalu enter, itulah kenapa saya menyarankan untuk merename firmware yang etylah di download, tunggu sampai proses selesai. dan alhamdulillah setelah dilakukan flash firmware posel zenfone 6 milik teman saya bisa kembali normal 😁 ini penampakannya.