Driverpack Solution 14.9 Sang Pemecah Masalah

Siapa yang gak tahu dengan DriverPack Solution, setiap teknisi komputer pasti butuh ini dalam mempermudah instalasi komputernya, Driverpack solution adalah solusi termudah mencari driver-driver baik laptop/pc yang baru diinstal khususnya jika pc/laptop tersebut tidak ada cd driver bawaan, driver adalah sesuatu yang diperlukan untuk memfungsikan Hardware PC yang terpasang. Mereka membuat sambungan antara perangkat keras dan perangkat lunak dan memastikan bahwa semua perangkat yang terpasang bekerja dengan baik. Jika Anda belum menginstal driver yang tepat bisa dipastikan Perangkat keras anda tidak akan berfungsi dengan baik, sebagai contoh soundcard, jika driver soundcard anda tidak terinstal bisa dipastikan anda tidak akan bisa mendengarkan musik/suara pada speaker komputer/laptop anda. Saat ini driverpack solution versinya sudah 14. dan kapasitasnya mencapai 7GB.

Seperti yang saya alami saat menginstal laptop baru salah satu user dikantor, dengan PDnya saya langsung tanyakan ke user tersebut mau diinstal windows apa? dia meminta windows 7, tanpa tanya lagi saya jawab beres, saat saya check cd drivernya ada, saya makin tenang, langsung saja saya instal laptop acer E14-471G tersebut, setelah selesai instal windows 732bit, saya langsung instal driver, setelah saya buka cd drivernya ternyata autostartnya tidak mendetect semua hardware pc tersebut, sempat heran, saya pikir CD drivernya rusak, setelah saya coba explore isinya ada, tetapi mengapa gak mau membaca system, cdnya saya pikir hanya support untuk windows 8 keatas. tanpa pikir panjang saya ganti dengan cd driverpack solution versi 13 yang telah saya punyai, alhasil driver2 kedetect, langsung saya instal, namun setelah selesai saya instal ternyata ada beberapa hardware yang tidak terdetect, diantaranya driver Wireless, VGA, USB 3, dan chipset. saya coba autoupdate dari CD tersebut ternyata tidak bisa. Mulai pencarian secara manual driver laptop sampai mencoba beberapa tools untuk mendeteksi driver hardware secara otomatis, hasilnya semua nihil.



Akhirnya dengan sedikit putus asa saya bilang pada pemilik laptop, drivernya supportnya hanya win 8 bos, bagaimana? dia menjawab "wah anak saya maunya windows 7", tapi kalau memang gak ada drivernya ya gpp deh, nanti saya jelaskan ke anak saya".

Dengan sedikit gembira, akhirnya saya format ulang laptop tersebut saya dan saya ganti windows 8 32bit. ternyata hasilnya sama, CD Driver bawaan tetap tidak mendukung OS yang sya instal, lalu saya coba buka website acer dan mencari drivernya disana, ternyata di website tersebut hanya mendukung driver untuk windows 8.1 64 bit, sempat bergumam, hmm dari pagi sampai sore instal 1 laptop belum kelar, haruskah aku mendownload Driverpack Solution yang ukurannya 7Gb lebih yang menggunakan torrent, karena pada saat driver VGAnya beberapa kali saya diarahkan ke website DRP.SU (website penyedia driverpack solutions ini) bahwa driver tersebut ada pada koleksi driverpack seri terbarunya, yaitu versi 14.10, lalu aku iseng-iseng mencari link download selain torrent, dan akhirnya dapat yaitu versi 14.9 versi update 25 September 2014. Melihat jam sudah menunjukkan pukul 16.20 dan saya lihat pemilik laptop sudah pulang, saya putuskan untuk mendownload driverpack yang tersebut, dengan perhitungan besok pagi/malam hari downloadnya sudah kelar, dan besok laptop sudah bisa saya serahkan kepada pemilik.

Malam harinya sekitar pukul 10 malam saya coba akses komputer kantor via internet, untuk mengecek hasil download ternyata masih berjalan 79%, alhamdulillah sedikit lagi rampung pikirku, paginya sebelum berangkat ngantor sekitar pukul 6 pagi saya sempatkan lagi untuk ngeremote kantor untuk melihat hasilnya alhamdulillah download'an telah selesai 100%.


Setelah Sampai dikantor, karena keinginan user sebentarnya windows 7, akhirnya saya format ulang aja hardisknya dan saya ganti windowsnya menjadi windows 7 32bit, dan seetalh windows selesai, saya coba instal drivernya menggunakan driverpack solutions 14 yang sudah saya download, alhamdulillah semua drivernya sukses terinstal, lalu saya melanjutkan instal aplikasi-aplikasi pendukung lain seperti office, dll.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada pemilik/admin getintopc.com Fatima Afridi yang sudah menyediakan link download driverpack ini. Bagi yang ingin mendownload driverpack solution 14.9 dari website getintopc.com silahkan klik  DRP_14.9.iso