New Java Security Warning

Jika Anda mengakses situs/web berbasis java pada PC, Anda mungkin menerima peringatan keamanan (Security Warning) saat mencoba untuk menggunakan fitur tertentu. Misal membuka Web Aplikasi Online PPOB dari Interlink yang beralamat http://loket.interlink.com, Padahal sebelumnya normal,
Pesan peringatan tersebut adalah :

 "Java has discovered application components that could indicate a security concern. Contact the Aplication Vendor to ensure that it has not been tampered with."
Anda akan ditanya"Block potentially unsafe components from being run" (lihat gambar dibawah), jika anda pilih Yes, fungsi yang Anda sedang berusaha untuk digunakan akan dinonaktifkan dan gagal untuk berjalan dengan baik.


Kesalahan ini adalah hasil dari fitur keamanan dirilis awal dalam versi Java untuk PC, Kemungkinan PC anda sudah diupdate versi terbaru dari java, Bagi banyak user/orang, tamplian peringatan keamanan seperti gambar diatas yang selalu muncul saat membuka web merupakan gangguan. Untuk itu jika anda yakin web yang akan anda buka itu aman dan tidak ingin lagi melihat tampilan security warning yang mengganggu ini, silahkan ikuti langkah-langka berikut ini.


  • Buka Control Panel Java dengan pergi ke Start Menu> Control Panel> Java Control Panel.
  • Klik pada tab Advanced.
  • Klik pada "Security."
  • Klik pada "Mixed Code (sandboxed vs. trusted) security verification."
  • Pilih dari salah satu dari dua pilihan berikut :
  1. Enable – hide warning and run with protections: Ini akan menyembunyikan pesan peringatan dan menyebabkan Java untuk bertindak setiap kali seolah-olah Anda telah mengklik. "No.".
  2. Disable verification (not recommended): Ini akan menonaktifkan fitur keamanan baru sama sekali, dengan risiko bahwa Anda bisa menjalankan kode berpotensi tidak aman tanpa peringatan.