Ada apa dengan proxy mikrotik

Setelah Sebulan mengunakan mikrotik router OS cracked untuk proxy dikantor, mulai kamis kemarin mikrotik tersebut bermasalah, entah apa penyebabnya sampai saat ini saya masih belum menemukan, sebab setiap saya restart pc router tersebut akses internet client berjalan mulus, tapi itu tidak lama paling lama mungkin cuma setengah hari, setelah itu client tidak bisa konek inet lagi, padahal settingnya tidak ada yang berubah, karena seringnya minta restart sampai² saya tadi mendownload pfsense untuk mengganti router mikrotik yang sering bermasalah ini.

Keinginan berganti ke pfsense-pun terjadi, karena percobaan instal pfsense di warnet teman gak ada kendala. Walaupun belum sepenuhnya sempurna, tapi koneksi warnetnya sampai saat ini lancar² saja, akhirnya aku coba instal pfsense, namun gagal ditengah jalan dikarenakan freeBSD mendeteksi hardisk pc tersebut rusak. Ya dengan sangat terpaksa saya instal mikrotik lagi PC tersebut.

Namun tetap saja permasalahan muncul, malah tambah parah, client hanya bisa konek inet tidak lebih dari 5 menit, sempat berpikiran juga kalau sapidi lagi error, tapi saya coba langsung modem ke PC, koneksi ternyata lancar² aja. sambil membuka² kitab kerpekan yang aku dapatkan dari hasil browsing, mungkin ada kesalahan atau kekurangan dari setting mikrotik ini, tetap saja nihil, hampir semua kerpekan untuks settingan awalnya sama persis dengan yang aku setting pada pc tersebut.

Trus dimana letak kesalahannya ya...??Apa karena mikrotik 2.9.7 hasil cracked jadi sering bermasalah? atau mikrotiknya lagi ngambek ya :lol:

Tunggu besok aja, kalau misal masih tetap bermasalah aku cari PC lain, trus aku instal pfsense aja, dari pada tiap hari harus ngurusi mikrotik yang nggak ketemu permasalahannya ini.