virus obok-obok jaringan kantor

Belum selesai mempelajari sesuatu yang baru, lagi-lagi virus menyerang kantor. Padahal AntiVirus pada server sudah saya update tiap hari dan setiap client akan otomatis terupdae jika server sudah update
Dua hari saya disibukkan dan dipusingkan dan harus kerja extra dengan lumpuhnya koneksi jaringan komputer dikantorku, dikarenakan serangan virus, yang memanfaatkan celah keamanan dari Microsoft. Ini terjadi disemua komputer baik itu server maupun client.
ya mungkin ini juga pelajaran bagi saya yang lupa (red=membela diri) males untuk melakukan patch dan update windows (terlalu banyak komputer).

Tiba-tiba semua komputer baik di kantor area aupun unit muncul
"Generic Host Process for Win32 Services", Faulting application svchost.exe, version 5.1.2600.2180, faulting module netapi32.dll, version 5.1.2600.2180, fault address 0×0000a3c0.”
eror terjadi di file
WER51f3.dir00svchost.exe.mdmp
TempWER51f3.dir00appcompat.txt

Ternyata bukan cuma di situbondo saja melainkan seluruh kantor sejatim koneksi jaringan down.
Gejala lain yang ditimbulkan virus ini adalah virus ini membuat kerja komputer semakin berat dari biasanya.

Seperti dilansir vaksincom

GHP Error akan muncul tiba-tiba dengan pesan "Generic Host Process for Win 32 Services Error"pada saat browsing yang mengakibatkan koneksi internet langsung terputus, meskipun sudah mencoba reset koneksi LAN / Wifi tetap tidak bisa terkoneksi kembali dan koneksi internet hanya bisa normal kembali jika komputer di restart. Tetapi celakanya, hal ini akan berulang lagi beberapa saat kemudian dan frekwensi munculnya sangat mengganggu. Ada pula yang mengeluhkan komputer mendapatkan pesan yang sama dan ketika di scan dengan antivirus tidak mendapatkan virus apapun dan kasus lain yang dilaporkan pada salah satu mailing list bahkan setelah mendapatkan pesan Generic Host Process komputer langsung menolak di instal antivirus.

Patching itu penting
Apapun masalahnya, solusi pertama dan terbaik jika anda menemukan masalah celah keamanan pada komputer anda adalah melakukan patching / penambalan atas celah keamanan Dcom. Jika OS anda ibaratnya adalah benteng yang pintu masuk dan keluarnya dijaga ketat baik oleh program antivirus, celah keamanan ibaratnya ada kelemahan pada tembok benteng yang rapuh dan virus bukan menyerang melalui pintu masuk melainkan masuk dari tembok yang rapuh tersebut. Program antivirus pada dasarnya tidak di desain untuk menjaga serangan yang mengeksploitasi celah keamanan sehingga secara teknis Operating System komputer yang mengandung celah keamanan dan terproteksi dengan antivirus update terbaru TETAP akan terinfeksi virus sekalipun virus yang menyerang itu sudah terdeteksi oleh program antivirus tersebut, sebab utamanya adalah karena celah keamanan memungkinkan banyak hal, termasuk eksekusi file virus tanpa dapat di intervensi oleh antivirus. Dalam banyak kasus malahan program antivirus kemudian dilumpuhkan oleh virus tersebut. Karena itu, anda sangat disarankan untuk melakukan penambalan celah keamanan RPC Dcom yang terbaru.

Gunakan Firewall
Karena aplikasi Dcom yang sangat luas ini, dalam beberapa kasus masih ditemui komputer yang tetap berhasil dieksploitasi sekalipun sudah di patch. Bahkan menurut laporan yang diterima Vaksincom, Windows XP Service Pack 3 sekalipun tetap mengalami celah keamanan baru tersebut. Pembahasan lebih mendalam untuk celah keamanan RPC Dcom ini akan dilakukan pada artikel berikut. Untuk sementara, guna mengamankan diri anda dari eksploitasi celah keamanan RPC Dcom, Vaksincom menyarankan anda menggunakan Firewall untuk melindungi komputer anda. Adapun port-port yang digunakan untuk menginisiasi koneksi dengan RPC dan perlu anda blok pada firewall anda adalah :

UDP Port 135, 137, 138 dan 445.

TCP Port 135, 139, 445 dan 593

Port-port di atas adalah port yang digunakan untuk menginisiasi koneksi dengan RPC dan eksploitasi celah keamanan RPC dapat dicegah oleh firewall dengan memblok port-port di atas

Ini beberapa Cara untuk mengatasi masalah tersebut
Cara 1
Tutup Port

Cara Menutup port diatas dengan menggunakan registry

Masuk Regedit Backup dulu regstry sebelum melakukan perubahan pada registry anda Secara Umum cari registry: HKLM\SOFTWARE\MICROSOFT\OLE temukan EnableDCOM ; EnableRemoteConnect edit Y atau N (jika tidak ada tambahkan Stringnya).
Kemudian HKLM\SOFTWARE\MICROSOFT\RPC\ClientProtokols temukan ncacn_ip_tcp ; ncadg_ip_udp buang semua. rpcrt4.dll
HKLM\SOFTWARE\MICROSOFT\RPC\DCOMProtokols temukan ncacn_ip_tcp buang. Itu untuk menutup port 135.
kemudian kita lakukan penutupan port 445: HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\NetBT\Parameters temukan SMBDeviceEnabled Ganti dengan D=Word 00000000 (jika tidak ada tambahkan).

Kesimpulan Bila kita menggunakan Windows registry editor version 5.00

[HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Ole]"EnableDCOM"="N""EnableRemoteConnect"="N"
[HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\services\NetBT\Parameters]"SMBDeviceEnabled"=dword:00000000"

Konsekuensinya jika kita menutup port 135 dan 445 file sharing dan tidak akan berfungsi.

Atau menggunakan Software wwdc
Download di : wwdc

Cara 2
Melakukan patch dan windows hotfix
Untuk Windows XP Minim SP2
WindowsXP-KB894391-x86-ENU
WindowsXP-KB824146-x86-ENU
WindowsXP-KB953155-x86-ENU
WindowsXP-KB954211-x86-ENU
WindowsXP-KB955069-x86-ENU
WindowsXP-KB956803-x86-ENU
WindowsXP-KB956841-x86-ENU
WindowsXP-KB957095-x86-ENU
WindowsXP-KB957097-x86-ENU
WindowsXP-KB958644-x86-ENU

Windows 2003 Minim SP1
WindowsServer2003-KB894391-x86-enu
WindowsServer2003-KB954211-x86-ENU
WindowsServer2003-KB955069-x86-ENU
WindowsServer2003-KB956803-x86-ENU
WindowsServer2003-KB956841-x86-ENU
WindowsServer2003-KB957095-x86-ENU
WindowsServer2003-KB957097-x86-ENU
WindowsServer2003-KB958644-x86-ENU

Untuk melakukan patch usahakan lewat safe mode
cari diregistry dengan key "x.exe" tanpa petik jika ada hapus saja lalu cari file tersebut letaknya berada di c:\windows\system32\ setelah ketemu hapus
lalu masuk ke C:\Documents and Settings\NetworkService\Local Settings\Temporary Internet Files\Content.IE5\ hapus semua file yang ada didalam folder ini (file ini hidden) jadi harus pilih show all file dulu pada folder option, setelah itu masuk ke service bisa menggunakan administratif tool atau pake run ketik "services.msc" cari vmwareservices jika ada disable aja. lalu lakukan patch system.setelah selesai restart komputer tsb.

NB :
Saya menggunakan cara kedua, karena semua komputer client masih butuh untuk sharing file, ya mudah-mudahan gak ada masalah lagi, walau belum seluruh komputer selesai dipatch.
Terima kasih untuk teman-teman NOC semua atas sharingnya dan tak lupa juga teman-teman baik di kantor area dan kantor unit atas bantuan melakukan patch system.
Untuk teman-teman di unit maaf masih belum sempat kesana karena masih menyelesaikan patch system disini.

73 Responses to "virus obok-obok jaringan kantor"

  1. wah......wah....wah......, kalo suhunya sudah bicara.....ampe panjang gini yah......(*****manggut...manggut ....gag ngerti sama sekali****)......., nyang penting kument aja....smile sudah aku lakukan kok.......


    kabbbuuuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrr

    ReplyDelete
  2. hoyyeee bisa comet numur duo...yg diatas tuh siapa yachch???

    ReplyDelete
  3. boleh ngoceh yang ketigaxxxx khan SUHU???????

    dilihat dari kata2 dipostingan ..SUHU emang jago banget dech..!!

    ReplyDelete
  4. wah wah wah ndak mudeng saya
    selamat bergulat dg virus kang

    ReplyDelete
  5. lha ini dia masukan yang bermanfaat. punyaku juga sering kena virus lho. kalo virus cinta sih enak, wong ini virus kayak bahaya kayak gini

    ReplyDelete
  6. Wuih, gebleg juga tuh virus, nyebarnya cepet banget. Yah, antivirus memang membantu tapi tidak sepenuhnya. Selain itu perkembangan virus juga sangat cepat hampir setiap 1 jam ada virus baru. Kalo antivirus jarang update maka kompipun akan segera bersin-bersin.

    Untuk jaringan sebaiknya firewall memang harus diaktifkan, walau ini juga tidak terlalu banyak membantu, selalu ada celah. Penutupan port mungkin jadi solusi, asal jangan salah tutup he..he.. port 8080

    postingannya keren Kang. Salam.

    Tentang "Surf Junky", ada yang bilang SCAM ada juga yang bilang Bukan, entahlah, tapi kalo nyoba g ada salahnya, g ada ruginya. Yang penting jangan sakit hati kalo kita penghasilan sudah mencapai 25$, account SJ kita dibanned itu pengalaman temen2.

    ReplyDelete
  7. waduuuh.. galak banget tuh virus bisa lumpuhin jaringan... kyaknya dah saatnya melirik ke ubuntu kali ya!? ato mac sekalian? :) xp terus jadi sasaran empuk virus kyaknya...

    makasih bro, nie artikel penting banget harus dibukmak.

    ReplyDelete
  8. Waduh..., saya paling alergi ama virus, bro. Takut kalo kompinya musti format ulang. Repot kalo musti instal2 lagi

    ReplyDelete
  9. weehhhh,
    udah dihajar virus sedemikian rupa masih juag pake windows???? udah mahal, ga secure, nyusahin lagi.. ogah bangettt
    coba linux wae kang, dijamin aman dan maknyuss

    *Throw Your Windows out of Your Window*

    ReplyDelete
  10. walah wes ra mudeng blas aq, lha wong yg bervirus itu aq kok, VIRUS GAPTEK, jd klo ada virus di laptopku, aq ra ngerti, hickz

    ReplyDelete
  11. wah... kalo notebook ku pernah tuh suka hang2 terus muncul win32 setiap mau koneksi internet mesti mati lagi mati lagi alias gak lama paling cuma 30 menit mati. akhirnya dari pada puyeng2 aku instal ulang dah windowsnya.

    ReplyDelete
  12. ooo gitu ya oes... (tetep gak mudheng..)
    kasiannya jadi org gaptek kayak aku gini...

    ReplyDelete
  13. HUHAHAHAHAHAHA ... Jaringan PLN se JATIM DOWN terkena serangan 11 Desember, Ada yg teriakkk " Ampunnnnnnnnnnnnnnnn Situbondo juga kena " tapi keadaan sudah mulai kondusif berkat kerjasama team TI apj .... " Semakin Canggih Antivirus semakin Canggih Pula Virus akan Direlease "
    artinya tidak akan ada Komputer yg aman selama kompi tersebut On line ....Bravo Cak Sistiawan Thx je atas patch na (Serverku wes Aman) jo lali engko bengi ngopi di tempat biasa ....

    ReplyDelete
  14. wah diriku ngak mudeng ini gaptek solnya

    ReplyDelete
  15. waduh kang, net juga kena virus ini kang. perlu baca nih. tapi yang lebih bermasalah, blog saya kang... di block ame om google, masih bingung dimana salah blognya hikz

    ReplyDelete
  16. ga ngerti saya kang....saya doain moga cepet clear aja maslahnya....dan terselesaikan dengan cepet

    ReplyDelete
  17. klo udah master penangkal petirnya...oppppsss virus..hehehe bicara pasti maknyus nehhhh...

    maaf br mampir kang, met idul adha yah kang, saya juga sibuk ada upacara adat di bali...

    br bisa ngeblog, met wiken dan sukses buat suhuuu :D

    ReplyDelete
  18. ck ck ck ck ck.....viruznya model eh salah...jenis apa kang?

    ReplyDelete
  19. kalo untuk wndows 2000 server advanced apa yg perlu d patch dan dimana cari patcnya ? terimakasih

    ReplyDelete
  20. nimbrung ...bunda baru aja posting soal virus komputer jadi monggo ditengok ya mas...barangkali ada kaitannya.

    ReplyDelete
  21. waduh....sama neh...barusan kena pilus...sality.meski dah diformat kok pilusnya balik lagi ternyata dia menginjek semua file exe.jadi masternya dah kena semua....

    semoga komputere kang oes lancar jaya deh!gak terganggu pilus lageh

    ReplyDelete
  22. Cak, saya sudah keburu dw wwdc.exe dan saya tutup port 135 dan 445.

    Kalau dibatalin bisa gak ya?
    Mau nyoba patching, tapi gak ngerti blass carane.

    bisa minta detail cara patchingnya? terus perlu sw lain gak? via email aja ya cak, ini emailku, erik2k1@yahoo.co.id.

    Kemarin aku pake dulu wwdc karena gak nerti cara patching.

    Terus firewal juga sudah dipasang, tapi kok masih bisa muncul pop-ups technochraty ya. Apa firewallnya memang jebol?

    Tks ya cak

    ReplyDelete
  23. weleh,,,kalo saya bisanya cuma restart dan nyalain komputer aja..he.he.he.he

    ReplyDelete
  24. @Anonymous : jo buka rahasia je, hehehehe

    @Anonymous :untuk patch win 2000 silahkan download patch ini Windows2000-KB835732-x86-ENU dan Windows2000-KB823980-x86-ENU

    @arielz : bukannya kita membela diri kang, tapi memang kenyataannya kita tetap setia ma windus bukan karena apa, dikarenakan semua aplikasi yang ada dikantor saat ini hanya berjalan di mesin windus, bukan di mesin unix, dan semua SDM disini familiarnya hanya menggunakan windus, bagaimana kita harus menggantinya...??hehehehehe

    @erik : kalau muncul popup mungkin keserang spyware kang, coba pake hijackthis, firewall gak sepenuhnya mampu memblok semuanya, seperti kata kang seno, tapi setidaknya memberi sedikit keamanan, patch dan update AV juga penting.wwdc bisa kok ngembaliin lagi port yang udah ditutup, dicoba aja, udah aku kirim ke mail sampyan kang.

    @virtual mind : sality memang bangsat, semua file exe diserang, aku sudah pernah merasakannya, masterku banyak rusak gara-gara dia. AV symantec, nod32, norman, mengenali virus ini tapi tidak bisa memperbaiki file aseli yang terken virus tsb, kang coba pake kasperky katanya sih bisa tapi aku belum coba, pake removal avg aja bisa memperbaiki file sality tsb silahkan download disini
    .

    ReplyDelete
  25. Yacccchh ...begitulah kang sebagai admin jaringan *mumet.com*, kalo saya dulu ada beberapa temen yg saya tugasin update patch di pc client, biar saya gak keteteran ...

    Good posting kang, thanks tips nya ...Wassalam

    ReplyDelete
  26. Kang, kulo mboten ngoerti maslah daleman jaringan. kalo net dirumah rusak ya manggil teknisinya. tapi ya harus ngeluarin ongkos ekstra jadinya...hiks....coba saya sepintar Kang oeoes

    ReplyDelete
  27. gila banget serangan virus ini

    ReplyDelete
  28. Virus baru nech ya kang,..
    Trus penangkal nya gimana, buat kita jaga2??

    ReplyDelete
  29. Wah...makasih bang
    kudu siap-siap juga nih...
    kalo sp3 udah aman belum yach?

    ReplyDelete
  30. @abang : iya nih bang keteteran, semuanya terkena termasuk kompie yang biasa tak pake padahal kompie ini baru sabulan gak aku update

    @gus : coba saya sejenius kang gus :d

    @indung : patch ur system, update your AV itu penangkalnya.hehehe sok bahasa linggis nih :d udah aku bahas diatas kok cara-caranya dan pacth apa saja yang perlu dilakukan.

    @suryaden : SP3 belum mampu menghadang virus ini.silahkan patch windus anda.

    ReplyDelete
  31. waah virus..lgi deeh jadi cape dengernya...

    ReplyDelete
  32. Waduh2 gimana ceritanya boss.. bisa masuk gitu...
    Tapi selamat deh sudah bisa menangani..

    ReplyDelete
  33. waduh....sama kang aku juga di kantor sempat kena virus juga nih...wah semuannya diduplikasi ama tuh virus....gag tahu kok orang bisa sejahat itu yah,punya ilmu bukannya untuk berbagi malah merusak....apakah itu kerjaan yang namanya hacker kang?, nama virusnya TATI....

    ReplyDelete
  34. Kalo win xp nya original mungkin bisa secara otomatis ya update patch nya, yg jadi masalah kalo yg bajakan bisa ketauan bajakannya :D

    ReplyDelete
  35. suhu.. opo kuwi... :P

    ReplyDelete
  36. waduh, koq jadi jarang ol? napa lagi kang? seng sabar yo kang. sama aja nih hehe. mungkin bakal pulkam tahun depan ini. hehe

    ReplyDelete
  37. Sumpeh gua gak ngeri lagi,ada cara gampang nya gak?
    plis plis kompi di ktr gua kaya-nya kena virus ,dan gak ada yang bisa...kalo gak antivirus yang paten tapi gratisan gitu....

    ReplyDelete
  38. Saya si gaptek, jadi kalau ada virus tahunya cuma panggil orang IT he..he...

    ReplyDelete
  39. Tul Mbak Ani! Dari pada pusying-pusyiang karena Virus, kalau si kompi ngambeg panggil aja Bang Oeoes! Pasti beres!

    ReplyDelete
  40. ehemmmm, saya numpang belajar sama suhu neh :)

    mau saya bookmark sambil jalan belajarnya..huehehehe :D

    apa kabar neh kang?beremma kaberre?

    ReplyDelete
  41. hadiiiir

    hu hu hu hu ***sedih

    ReplyDelete
  42. mampir... dan salam kenal... oh yang di screen syut ntu adalah virus yah? sayah kira alert biasa... sayah sering tuh dapet gituan tapi kalo dipindai pake anti virus clean sampe bunyinya *ting*

    ReplyDelete
  43. ... di bookmark ya mas oes.. (serius ki.. ini perlu) :)

    kemaren soale juga sempet kena ARP-Flooding juga.. symptomnya mirip kan yo mas yo..

    peace ah... kaburr lagi..

    ReplyDelete
  44. waduh. yen wis ngomong soal detail per-jaringan-an atau perkabelan it dan sejenisnya....klop deh Kang fir sama kang oeoes....

    ReplyDelete
  45. wah kalo patch antivirus mah setiap hari,,,
    tapi kalo patch windows....belum pernah sekalipun tuh Kang :D

    semoga aja virus yg kayak begitu engga nyampe kerumah saya...amin!!

    ReplyDelete
  46. mantab bro... suatu saat ini pasti berguna buat ane

    ReplyDelete
  47. Wah, emang ngeselin nih masalha kaya gini.... semoga gak nular ke saya... hehehe, salam kenal mas... Tukeran link yuk...

    ReplyDelete
  48. waduh,....kalo gituan nyeraaaaaaaaaaaaah aku

    ReplyDelete
  49. kok lama banget ngobok oboknya.....
    posting barunya ditunggu loh oes...
    jangan sibuk2 menjelang new year...
    liburan dooong... mbake kangen neeeh....

    ReplyDelete
  50. Daripada bengong liburan,kerjain PR dari ane ya...

    ReplyDelete
  51. kang oeoes, saya turut belasungkawa dengan berpulangnya pakde kang oeoes yah :)

    semoga amal dan segala ibadah selama ini diterima disisi-Nya

    semoga keluarga yang ditinggalkan juga tabah dan bisa menerima cobaan-Nya :)

    salam buat kang oeoes dan keluarga :)

    ReplyDelete
  52. ijin copy,,,,,,,,,,,,,, kali nanti nemu kek gini, mo dipelajarin dulu..soalnya keknya ribet deyh hehehhehehe

    ReplyDelete
  53. udah lama gak nyampah disini...
    =======================
    WISHING YOU THE VERY BEST IN
      ╔══╦══╦══╦══╗
      ╚═╗║╔╗║╔╗║╔╗║
      ╔═╝║║║║║║║╚╝║
      ║╔═╣║║║║║╠═╗║
      ║╚═╣╚╝║╚╝╠═╝║
      ╚══╩══╩══╩══╝
    ¤ø„¸¨°º¤ø„¸ ¸„ø¤º°¨¸„ø¤º°¨
    ¨°º¤ø„¸ HaPpY ¸„ø¤º°¨
    ¸„ø¤º°¨ NeW yEaR``°º¤ø„¸
    ¸„ø¤º ``°º¤ø„¸ ¤ø
    ========================

    ReplyDelete
  54. iya kang katanya 2 blog anti indonesia itu emang udah lama, cuman aku yang ketinggalan zaman. tapi kayaknya nggak ada yang mau menindaklanjuti selain pesan ke SB-nya doang... ya mudah-mudahan ada hikmahnya dibalik cara saya yang konyol seperti ini.... SELAMAT TAHUN BARU ya kang, dan salam kenal niii...

    ReplyDelete
  55. jiakakkakkakkak....aq kloter terakhir yah......hehehhe.....idem dah ..anna kagak ngarti neh....

    ReplyDelete
  56. nimbung ngrusuhi komenn.....

    ReplyDelete
  57. masih berkabung ya Oes... semoga segala amal baiknya diterima di sisi Allah SWT ya...

    ReplyDelete
  58. pasti sudah beres nih kang virus nya

    ReplyDelete
  59. gile..suhu jarang nongol sekali nongol langsung panjang lebar....*ikut mnggut2 kaysk temen2 lain*

    btw, kalo komputerku kena virus re install soalnya males pusing..tapi cara diatas boleh juga, jadi pengen nyoba..tapi syaratnya yah kudu ada virus diatas yah? ehm...pake komputer siapa yah nyobainnya?? soalnya laptopku gak mau dimasukin virus...gak mau ..gak mau...

    ReplyDelete
  60. @ anonymous : jo lali engko bengi ngopi di tempat biasa ....
    =============================
    jovie ikuuuuttttt...awas kalo mas oeoes gak ngajak....

    ReplyDelete
  61. wahhh,,,"SUHU",,,,,kantor g juga kena kayak gituan ,,,,
    tapi yang sekarang aneh lagi,
    di documents&setting/network service/temporary internet/contents IE5/xxxx[1].jpg kedetek ama avg sebagai worm/generic.QVY
    Tiap beberapa menit muncul lagi,,
    Bantu donk SUHU kalo tao solusinya,,

    ReplyDelete
  62. waw...waw....waw.....ini dia yang di cari.......kantor gw juga lagi kena virus kayak ginian.......mau nutup port 135,145 nanti file sharing nya ikut ke tutup juga........mau patch windows kelamaan kalo satu-satu,coba wwdc dulu.....nice artikel......numpang subscribe

    ReplyDelete
  63. kalo windowsnya bajakan, bisa melakukan patch juga ga ya ?

    ReplyDelete
  64. Wah..... jos banget gan.
    ini yang selama ini bikin aku pusing ketemu obatnya :D
    thx banget artikelnya...
    ijin copas

    salam,
    mookhy

    ReplyDelete
  65. Ternyata bukan kantor saya aja yang lagi musim peternakan virus...ha..ha..ha...Maaf kang, obatnya apa biar bisa berantas habis.

    ReplyDelete
  66. Hmmm conficker juga. Ni worm emang ngeselin (dan juga hebat). bisa menularkan diri sendiri, autorun, infeksi yg cepat & luas. Patching windows lumayan menghambat, tapi jgan lupa ni virus juga sering diupdate sama developernya.

    ReplyDelete
  67. wah nih kaya nya bahasan tingkat tinggi,,ane kurang ngerti,,tapi mencoba untuk ngerti aja :)

    ReplyDelete
  68. waaah, high knowledge banget,,
    sayang, aku ikutin masih susah...
    aku coba lg deh sekali..

    ReplyDelete
  69. Saya rekomendasi software Malwarebytes bagi yang perlu antivirus gratis. Mantep sih. Bersihin virus di jaringan kantor saya.

    ReplyDelete
  70. Susah banget yach..... bagaimana kalau pakai avast! saja?

    Salam,
    Parfum

    ReplyDelete
  71. Coba gunakan Antivir Eset NOD Anti Virus 5.

    ReplyDelete