Membuka file djvu

Maaf teman-teman semuanya aku telah lama menghilang dari dunia ini karena kesibukanku, lain waktu aku posting tentang kesibukan baruku ini, hehehehe. wis ya langsung aja dari pada bertele-tele
Baru saja aku mendapat email dari manajerku, dia meminta bantuan untuk membuka atau membaca file dengan exktensi djvu baca DeJaVu, wew kaya groub band aja, hehehehe.file tersebut bernama MatiKetawaCaraRusia.djvu, lho buku Mati ketawa cara rusia ini kan pernah aku baca dan aku miliki sewaktu aku masih SMP, tapi kemana ya buku tersebut...?dah tertelan bumi kali, wis ilang dalane.....hehehehe.
mengenai isi buku tersebut udah lupa ceritanya, asik nanti bisa baca-baca lagi.

Sempat aku bingung, karena aku baru tahu kalau ada file dengan ekstensi djvu ini, sempat aku berfikir file ini dienskrip atau dirubah ekstensinya saja, ya daripada penasaran dan hanya meraba-raba langsung aku kontak paman google dengan key djvu viewer dan ternyata paman google berbaik hati :d

Ini sekilas tentang djvu file yang aku terjemahkan dari djvu.sourceforge.net
Djvu (dibaca "Déjà vu") satu set teknologi kompresi, sebuah format file, dan software untuk platform pengiriman melalui Web digital dokumen, dokumen discan, dan gambar resolusi tinggi.

Djvu dokumen men-download dan menampilkan secara cepat, tepat dan tampilan yang sama pada semua platform tanpa masalah kompatibilitas karena font, warna, dll djvu dapat dilihat sebagai alternatif unggul untuk PDF dan PostScript untuk dokumen digital, untuk TIFF (dan PDF) untuk discan bitonal dokumen, dan JPEG2000 ke JPEG untuk foto dan gambar, dan GIF untuk gambar palettized besar. Djvu Web adalah satu-satunya format yang praktis untuk mendistribusikan resolusi tinggi-scan dokumen dalam warna.

Kelebihan file-file djvu adalah sebagai berikut:

* Bitonal discan dokumen: 5 sampai 30KB per halaman di 300dpi (3 sampai 10 kali lebih kecil dari PDF atau tiff)
* Warna discan dokumen: 30 100KB per halaman di 300dpi (5 sampai 10 kali lebih kecil dari JPEG).
* Foto: 2 kali lebih kecil dari JPEG, lebih kurang sama dengan JPEG-2000, namun decoder / renderer yang progresif dan memiliki memori minimal persyaratan.
* Palettized gambar: 2 kali lebih kecil daripada GIF (hingga 10 kali jika itu kebanyakan teks).
* Digital (non discan) dokumen: antara 1 dan 3 kali lebih kecil dari PDF atau gzipped PS (tergantung jumlah gambar), tetapi rendering, halaman flipping, diperbesar, panning adalah incomparably lebih cepat, dan kualitas gambar pada layar desplays jauh lebih baik (antialiased teks, dll).

yang lebih penting lagi, file djvu dapat dengan cepat diload.

untuk dapat melihat file dengan ekstensi *.djvu ini anda dapat langsung mendownloadnya di djvu.sourceforge.net atau kalau ingin langsung disini
udah dulu ya aku mau coba instal DjvuViewer dulu takut ditunggu manajerku nih.