Tutorial Flash Lenovo A369i Menggunakan Flashtool

Daripada blog dibiarin nganggur, ya iseng-iseng tak isi tutorial flash lenovo a369i yang mengalami bootloop atau hanya muncul logo lenovo istilah kerennya stuck. Ide tulisan ini saya buat sebenarnya sebagai kerpekan dan untuk berbagi kepada pembaca jika mempunyai henpon lenovo 369i nya mengalami masalah.

Berawal dari hp lenovo teman yang kena virus, setelah beberapa kali reset ke pengaturan pabrik, nyatanya si virus tetap ada di henpone a369i ini, mau gak mau cara terakhir yang harus dilakukan adalah dengan memflash ulang.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memflash lenovo a369i adalah menyiapkan PC dan kabel data, dan tak lupa berdoa agar sukses proses flashingnya. Jangan lupa juga siapkan software-software antara lain :


  1. Driver MTK Lenovo a369i
  2. Firmware stock Lenovo a369i Lenovo A369i_ROW_S108_130929 atau disini
  3. SP Flash Tool disini saya menggukan SP_Flash_Tool_v3.1316.0.150

Setelah software-softwarenya semua siap, hal pertama yang harus dilakukan adalah

  • Menginstal driver lenovo tersebut,  setelah selesai menginstal drivernya colokkan ponsel lenovo a369i tanpa batere dengan menggunakan kabel usb ke PC, untuk mendeteksi apakah proses instal drivernya sukses. Jika sudah sukses, cabut ponsel tersebut dr pc.
  • Jalankan Sp Flash Tool v3.1316.0.150
  • Klik File -> Open scatter-loading File  -> browse ke folder Target_bin dan klik file MT6572_Android_scatter.txt
  • Centang kotak DA DL dan klik download, tunggu sampai muncul search bi bagian bawah Flash Tool
  • Tancapkan ponsel lenovo a369i tanpa batere, tunggu hingga proses selesai sampai muncul pop-up lingkaran hijau dengan tulisan Download OK
  • Setelah semua selesai cabut ponsel dr pc dan pasang baterenya, lalu coba nyalakan ponsel tersebut, proses booting awal ini memang agak lama, kira-kira memakan waktu 2-3 menit ditunggu saja.
Sekian dulu postingan iseng Tutorial Flash Lenovo A369i dari saya, semoga bermanfaat. salam.