Nov 10, 2014

Fashion On The Street Kejayaan Islam di Best Situbondo Carnival (BSC) 2014

Monday, November 10, 2014 Oleh dennis sistiawan ·
Labels: , , ,

Best Situbondo Carnival
Layaknya Jember Fashion Carnival (JFC), BEC (Banyuwangi Ethno Carnival) Situbondo kini memiliki Best Situbondo Carnival (BSC). Untuk pertama kalinya Pemkab Situbondo menggelar karnaval bernuansa islami. Best Situbondo Carnival (BSC) menyuguhkan fashion berbeda dibandingkan karnaval pada umumnya. BSC ini lebih bernuansa Islami dengan menonjolkan simbol-simbol Islam. Materi Kostum pada BSC ini adalah Bahan kain dipadukan dengan accessories kerajinan ASLI Situbondo  misalnya: batok kelapa, kerang atau kayu yang sesuai dengan Tema lomba dan design sesuai kreatifitas masing - masing peserta.

Para Peserta menampilkan fashion ala para pejuang di zaman Islam silam. Mulai dari konsep dandanan ala pejuang perang badar, konsep Ratu Balqis, konsep era Nabi Musa, era Nabi Sulaiman, kejayaan Islam China, Islam India, Islam Eropa, Islam Indonesia, dan sebagainya. Fashion on the street BSC digelar dalam rangka perayaan 1 Muharram 1436 Hijriah oleh Dinas Pariwisata Situbondo. Tak tanggung-tanggung, pemkab Situbondo menyiapkan hadiah total Rp 25 juta untuk pemenang even BSC ini.

Best Situbondo Carnival dilepas Bupati Dadang Wigiarto dari alun-alun Situbondo, Sebanyak 200-an peserta tampil memamerkan busana di atas catwalk dan jalan raya sepanjang sekitar 800 meter, di pusat Kota Situbondo, mulai alun-alun kota sampai kebarat finis di depan Mapolres Situbondo Minggu (9/11/2014). Walaupun acara dimulai pukul 12.00 WIB siang hari, dan cuaca hari itu sangat terik, tidak membuat Even BSC yang baru pertama kali digelar di Situbondo ini sepi, dari pantauan penulis sejak pukul 11.00 WIB ribuan warga Situbondo telah berbondong-bondong memadati rute karnaval sepanjang jalan PB Sudirman dari alun-alun hingga Mapolres. Tidak hanya menyaksikan aksi lenggak-lenggok peserta karnaval, para pengunjung juga berebut untuk mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama peserta. Akibatnya, kondisi rute dan karnaval menjadi tidak teratur.

Acara yang berlangsung sekitar 5 jam dan di tengah teriknya Matahari bisa dibilang sukses. Warga Situbondo yang memang haus akan hiburan terlihat sangat antusias dan terhibur walaupun suhu udara di siang hari itu sangat panas sekali. Walaupun konsep acaranya mirip dengan JFC dan BEC, namun ide dasar mengangkat kejayaan Islam patut diapresiasi. Pemkab Situbondo akan menjadikan Best Situbondo Carnival ini sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya. Layak ditunggu BSC tahun depan, bisakah semeriah tahun pertamanya. Kita tunggu saja :D


[+/-] Selengkapnya...

Recent Post

follow me on twetter