Jul 18, 2014

Kuliner Situbondo : Menikmati Kelezatan Tajin Palappa

Friday, July 18, 2014 Oleh dennis sistiawan ·
Labels: , , , ,

Ngomongin soal Kabupaten Situbondo, tidak lengkap rasanya kalo hanya mengetahui tentang wisata Pantai Pasir Putih dan Taman Nasional Baluran saja. Tunggu saja cerita dua tempat wisata ini di taretan edisi lain, hehehe. Saat ini saya akan lebih mengenalkan salah satu makanan tradisional atau masakan khas Situbondo, Apalagi Kalau bukan tajin Palappa.

Apa Itu Tajin Palappa?? Tajin Palappa adalah Bubur dengan bumbu kacang, kalau dalam arti sebenarnya (madura) Tajin berarti bubur Palappa berarti Bumbu, karena mayoritas penduduk Kabupaten Situbondo adalah suku madura, jadi bahasa sehari-harinya adalah bahasa madura, hanya segelintir saja yang menggunakan bahasa jawa.

Lha ini mau bahas bahasa apa bahas Tajin sih?, ok lanjut tentang Tajin palappa, memang tidak ada yang berbeda dengan bubur secara umum hanya yang membedakan di bumbunya, dan resep bubur itu sendiri, kalau biasanya bubur menggunakan air putih ataupun kaldu, kalau tajin ini menggunakan santan dalam pengolahan buburnya. Bumbunya ya serupa dengan bumbu pecel tetapi tapi lebih encer dari bumbu pecel biasanya. Selain itu juga biasanya dihiasi dengan sayuran toge dan kangkung dan gorengan (kalau disitubondo orang biasa menyebut gorangan tersebut hongkong) ote-ote/heci yang di potong dengan ukuran kecil. Tajin Palappa dapat dijumpai dipagi hari, karena ini merupakan hidangan sarapan pagi, jadi sangat sulit jika kita mencari TAJIN PALAPPA pada siang apalagi malam hari. Tidak banyak yang menjual makanan khas Situbondo ini, bagi para pelancong yang ingin merasakan makanan khas situbondo ini bisa mencari di pinggir jalan sekitaran Cendrawasih, Jalan Sucipto Gang Kharisma, Jalan Hsan Asegaf, di sektaran jalan Semeru, jalan kenanga dan tempat lain di sektaran rumah penduduk.

Hanya dengan merogoh kocek kisaran 2000-4000 Rupiah, kita sudah bisa menikmati Sarapan Pagi Tajin Palappa Khas Situbondo ini, kalau Bulan Ramadhan begini, Tajin Palappa merupakan salah satu hidangan favorit berbuka puasa, kita tidak kesulitan untuk mencari Tajin Palappa, karena biasanya banyak yang menjualnya dipinggir jalan.

[+/-] Selengkapnya...

Recent Post

follow me on twetter